Posts

SMK KAL-1 LAKSANAKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN

Pemeriksaan darah kepada siswi SMK KAL-1 oleh tim medis dari Puskesmas Morokrembangan saat pelaksanaan  pemeriksaan kesehatan berkala

       Surabaya,(23/4)

Masalah kesehatan adalah masalah kita semua, selagi berada di  sekolah kesehatan peserta didik merupakan tanggung jawab  sekolah. Untuk itu Senin (23/4) bertempat di Ruang Rapat SMK KAL-1 Surabaya  berlangsung  pelayanan kesehatan kepada kurang lebih 100 peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR- A dan TKR- B ), Jurusan Teknik  Audio Vedio kelas X ( TAV ), Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X ( TITL ), oleh dr. Diah Roichan Arifiani, M.Kes, Jeanry Hetharia, Amd. Kep Gi, Fatonnah Anggraeni, Amd.Kep serta 5 paramedis dari Puskesmas Morokrembangan.

             Pelayanan  kesehatan  berkala kepada peserta didik SMK KAL-1  berupa screening / penjaringan  kesehatan kepada seluruh peserta didik yang hadir dalam  kegiatan tersebut. Penjaringan kesehatan peserta didik  SMK KAL-1  di tangani oleh dokter dari Puskesmas Morokrembangan merupakan tindak lanjut dari kerja sama  seperti di tahun- tahun sebelumnya. Dimana dokter dari Puskesmas yang selama ini menangani adalah dari Puskesmas dari Morokrembangan Selatan, namun kali ini di laksanakan oleh Puskesmas Morokrembangan.

           

Cek kesehatan mata yang dilaksanakan tim medis Puskesmas Morokrembangan kepada siswa-siswi SMK KAL-1

Pergantian dari Puskesmas Krembangan Selatan ke Puskesmas Morokrembangan terjadi karena selama ini terjadi kesalahfahaman , SMK KAL-1 di kira masuk ke wilayah Krembangan Selatanan, hasil komunikasi antar Kepala Puskesmas akhirnya  pindahlahlah wilayah tanggung jawab ke Puskesmas Morokrembangan.

            Tim Medis yang datang melakukan cek satu persatu kondisi kesehatan peserta didik, kemudian memberikan kesimpulan secara global kondisi kesehatan dan dokter memberikan penjelasan potensi penyakit apa yang mungkin akan diderita oleh masing-masing peserta didik , sehingga bisa dilakukan pencegahan secara dini. Bagi yang teridentifikasi mengidap penyakit atau kondisi kurang sehat  sekolah SMK KAL-1  bisa langsung mengirimkan ke Puskesmas Morokrembangan dan akan mendapat pelayanan kesehatan secara gratis .

Penjaringan dilakukan setahun sekali  dua kali pada awal tahun pelajaran terhadap peserta didik kelas X dan di pertengahan tahun kepada kelas XI dilakukan oleh suatu Tim penjaringan kesehatan dibawah koordinasi dokter Puskesmas. Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan/ para medis. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS. Idealnya rangkaian tersebut seharusnya dilaksanakan seluruhnya, namun dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi  sekolah setempat.

Siswa SMK KAL-1 tidak boleh ada yang buta warna, oleh karena itu salah satu materi pemeriksaan mata menjadi prioritas dalam pemeriksaan kesehatan mata.

Pengisian kuesioner oleh peserta didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.

Secara umum, tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius pada semua peserta didik. Hanya ada beberapa masalah kecil, misalnya tidak memakai kacamata padahal menderita mata minus, kurang menjaga kebersihan tangan dan mulut , terdapat panu, gigi berlubang , telinga kotor karena tidak pernah di bersihkan dll. Setidaknya dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih perhatian terhadap kesehatan diri sendiri dan tahu punya potensi penyakit yang berbahaya atau tidak.

Selama pemeriksaan  berlangsung Kepala  SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd  yang di wakili oleh Waka Sarana dan Prasarana Drs Sukarnao,Pj.,M.MT dan Waka Kesiswaan Drs Parman, M.Si menyempatkan diri melihat dari dekat proses pemeriksaan peserta didiknya .Dari  hasil penjaringan dokter dari Puskesmas Morokrembangan menemukan bahwa ada beberapa siswa yang harus mendapat perawatan  kesehatan di puskesmas karena ada indikasi penyakit ringan yang harus  segera di tangani sebelum mebahayakan diri  (dar).

 

PENUHI KUOTA PPDB 2018, SMK KAL-1 SASAR 25 SLTP SURABAYA – MADURA

Moch Munib ,S.Pd di dampingi Baihaqi,ST saat promosi SMK KAL-1 kepada siswa-siswi kelas IX SMP N 1 Kamal Madura

            Surabaya,(20/4)

            Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) sudah berdiri di tahun 60-an, di tahun pelajaran yang akan datang 2018/2019 meskipun di setiap tahunnya kuota penerimaan  selalu terpenuhi, namun seluruh guru  dan manajemen SMK KAL-1 bersatu padu menarik minat calon siswa baru di beberapa sekolah-sekolah baik yang berada di kota Surabaya maupun Madura.

            Promosi ke sekolah-sekolah hingga Jum’at (20/4) sudah terlaksana 23 sekolah, rencana sampai pertengahan bulan Mei akan  di laksanakan  di 25 sekolah. Sekolah yang menjadi target promosi di utamakan pada sekolah yang dalam tahun pelajaran 2017/2018 ini sudah  terwakili oleh beberapa siswa yang bersekolah di SMK KAL-1.

            Dengan adanya siswa yang berasal dari sekolah tersebut ikut promosi di sekolahnya tentu saja menambah daya pikat siswa yang merupakan adik kelasnya, sehingga di harapkan mereka akan menyusul untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMK KAL-1 sebagai mana para seniornya.

            Pelaksanaan promosi di SMP N 1 Kamal berlangsung sangat meriah, di awali oleh Moch Munib,S.Pd yang memaparkan keberadaan SMK KAL-1 dengan segala fasilitasnya, kemudian Baihaqi,ST menjelaskan  beberada kegiatan ekstrakurikuler, mulai dari ekstra paskib, dayung, futshal, bola voly, Bahasa inggris, karate, banjara, tari, ekstra khusus TNI-Polri yang tidak dimiliki sekolah lain dan yang akan segera di bentuk adalah ekstra drum band,   kegiatan ini berlangsung di dalam masjid SMP N 1  Kamal setelah pelaksanaan istighosah bagi kelas IX yang berjumlah 8 kelas.

           

Siswa anggota paskibra dan guru  SMK KAL-1  saat membagikan brosur kepada siswa-siswi SMP N 1 Kamal Madura

            Dalam pelaksanaan promosi tersebut  siswa Paskibra  SMK KAL-1 membagikan brosur sekolahnya, mereka sangat akrap dan saling menyapa dengan seniornya yang kebetulan anggota paskibra Paskal-1. Demontrasi PBB Paskibra Paskal-1 yang merupakan penutup dari rangkaian   promosi di sekolah ini.  Demontrasi yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh siswa-siswi SMP N 1 baik kelas VII, VIII dan IX yang berlangsung di lapangan sekolah.

            Paskal -1 adalah  kumpulan anggota pasukan pengibar bendera , yang tergabung dalam ekstrakurikuler paskibra, menyuguhkan tontonan yang sangat menarik bagi siswa-siswi SMP N 1 Kamal, sorak sorai penonton yang memadati lapangan merupakan kebanggaan bagi Paskal-1.” Hebat paskibra Paskala-1” akunya  salah satu siswa yang kemudian menyempatkan diri untuk minta foto bersama dengan tim demo paskibra.

           

Demontrasi  gerakan PBB oleh pasukan pengibar bendera yang tergabung dalam Paskal-1 berlangsung di halaman SMP N 1 Kamal Madura saat promosi berlangsung.

            Pada sesi ke dua promosi di Madura di laksanakan di SMP N 1 Labang, kegiatan inipun tidak jauh berbeda dengan apa yang di laksanakan di SMP N 1 Kamal. Sambutan yang antusias pun terjadi di Labang,  karena alumninya sekolah ini juga ada yang  melanjutkan sekolah di SMK KAL-1 dan turut serta bergabung dalam tim promosi .

            Beberapa sekolah di Surabaya yang sudah  dilaksanakan promosi oleh tim PPDB SMK KAL-1 antara alain :  SMP Kartika, SMP Hang Tuah 4, SMP Muhammadiyah 7, SMP Tuna Buana,  SMP Pawiyatan, SMP As Sa’adah, SMP PGRI 1, SMP Taman Pelajar, SMP Al- Ichlas, SMP Wijaya, SMP Wakhid Hasyim, Mts Wakhid Hasyim, SMP Mardi Putera, SMP Kamala Bhayangkari, SMP Siwi, SMP Rachmad, SMP Bina Insani, SMP Bina Karya, SMP Institut Indonesia, SMP Tasbaya, SMP N 1 Kamal, SMP N1 Labang dan akan segera di laksanakan promosi ke SMP N 41 dan SMP YP 17(dar).

SMK KAL-1 CIPTAKAN SISWA BERKARAKTER DARI MASJID.

KH Amien Gufron saat menyampaikan tausiahnya dalam peringatan Isro' Mi'roj di Masjid Baitul  "Ilmi SMK KAL-1 

Surabaya,(13/4).

            Peringatan Isro’ Mi’roj 1439 H SMK KAL-1 Surabaya  berlangsung di Masjid Baitul ‘Ilmi  Jum'at,(13/4) di ikuti oleh seluruh guru , staff   serta siswa-siswi  dengan penceramah tunggal KH. Amien  Gufron dari Surabaya.  Rangkaian peringatan Isro’ mi’roj dilaksanakan se usai Sholat Jum’at, di awalai dengan pembacaan  ayat-ayat Suci Alqur’an  oleh siswa Iqbal dan sari tilawah oleh  Gala Bawalfi,  kemudian sambutan Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan , S.Pd.

 Selaku  Kepsek dalam kesempatan tersebut menekankan kepada seluruh bapak ibu guru serta siswanya agar bisa mengambil hikmah dari  Isro’ Mi’roj  yang akan di sampaikan oleh KH Amien  Gufron,  selain itu juga di kemukakan bahwa  disamping peringatan Isro’ Mi’roj juga akan di laksanakan tasyakuran  karena sekolah  telah menyelesaikan Renovasi Masjid  Baitul ‘Ilmi sehingga masjid ini dapat di fungsikan  untuk kegiatan keagamaan khususnya kegiatan agama Islam.

            KH Amien Gufron secara panjang lebar  mengupas beberapa topik menarik antara lain Barokah kehidupan di Masjid, Pendidikan berkarakter dalam masjid serta perbandingan perilaku siswa  zaman dulu dan masa kini.

           

Bapak ibu guru dan siswa dengan tantusias mendengarkan tausiah hikmah Isro’ Mi”roj yang di sampaikan oleh KH Amien Gusfron.

            Ceramah berlangsung  dengan sangat menarik, karena  terjadi dialog interaktif baik dengan siswa maupun dengan  guru-guru yang hadir .  Penyelenggaraan Isro’ Mi’roj di laksanakan di dalam masjid Baitul ‘Ilmi SMK KAL-1 di lantai dua.

            Pendidikan berkarakter  menurut sang Ustadz, yang di awali dari dalam masjid sangat besar kemungkinannya akan  terwujud, karena dalam masjid terdapat barokah, karena barokah  datang dari Allah SWT, barokah untuk seluruh guru, barokah untuk siswa  dan barokah untuk sekolah.

 Dalam kajian peringatan  Isro’ Mi’roj di SMK KAl-1, KH Amien Gufron mengemukakan  perintah sholat  pada awalnya terjadi saat berlangsungnya nabi Muhammad SAW melaksanakan perintah  Isro’ Mi’roj. “Pengetrapan perintah sholat kemudian di wujudkan dalam  pendidikan berkarakter yang di awali dengan sholat dapat membentuk karakter siswa yang lebih baik” menurutnya.

            Bagian akhir dari peringatan Isro’ Mi’roj di laksanakan tasyakuran  dengan  agenda makan siang bersama seluruh hadirin, diawali oleh pemotongan tumpemg oleh KH Amien  Gufron yang di serahkan kepada Kepala SMK KAL-1 , kemudian makan bersama baik  bapak ibu guru maupun  seluruh siswa  yang hadir (dar).

SMK KAL-1 LIBATKAN 20 SISWA DALAM KOMUNIKASI SOSIAL TNI DI KOARMATIM

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Didik Setiyono,S.E., M.M saat menyematkan  tanda peserta Komunikasi Sosial  TNI  dalam sebuah  upacara  yang berlangsung di Puslat Kaprang Kolat Koarmatim

Surabaya,(11/4)

            Sebanyak 20 siswa-siswi SMK KAL-1 Surabaya Rabu,(11/4) mengikuti kegiatan Komunikasi Sosial TNI TA 2018 yang di selenggarakan di Puslat Kaprang  Kolat Koarmatim. Pembukaan kegiatan tersebut   oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M  dalam sebuah upacara yang di hadiri oleh  Perwira Staf serta undangan dari perwakilan instansi  peserta.

            Komunikasi sosial TNI  melibatkan sejumlah mahasiswa dan pelajar dari kota Surabaya di selenggarakan oleh Dinas Potensi Maritim Koarmatim  ( Dispotmar) dengan tujuan memberikan  pemahaman  tentang komunikasi sosial TNI  dalam kehidupan  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna memelihara  dan meningkatkan keeratan hubungan  antara TNI dengan segenap komponen bangsa  serta  kepentingan  pertahanan  dan keamanan negara  yang harus  dijaga  dengan membangun karakter bangsa.

            Lebih jauh Kadispotmar Koarmatim Kolonel  Ketut Budiantara, S.E menyampaikan bahwa materi yang akan di sampaikan dalam forum ini meliputi,  Wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara yang akan di sampaikan oleh perwira Dispotmar, Pemahaman tentang netralitas TNI akan di sampaikan oleh perwira dari Dinas Hukum Koarmatim, dan Ceramah  tentang kerukunan  antar umat beragama dalam kebhinekaaan. Yang akan di sampaikan oleh Kasubdis Bintal Disminpers Koaramatim.

           

Siswa-siswi SMK KAL-1 dengan penuh semangat mendengarkan pembekalan wawasan kebangsaan yang di sampaikan oleh perwira Dispotmar Koarmatim.

            Sementara itu Pangarmatim dalam penekanannya kepada seluruh peserta, agar komunikasi sosial ini berjalan baik, perlu adanya pemahaman tentang kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara untuk memelihara  dan meningkatkan  ke eratan  hubungan  segenap komponen  banghsa . Kita harus  saling mengisi  untuk terus membangun  karakter bangsa , membentuk kesamaan  pola pikir , pola sikap, dan pola tindak kearah  yang lebih baik, positif dan konstruktif untuk kepentingan  bangsa dan negara.

            Orang nomor satu di Koarmatim ini sesaat sebelum meninggalkan tempat upacara, meninggalkan satu pesan bahwa “ saat ini bangsa ini sudah amat sangat terdegradasi  khususnya dalam persatuan dan kesatuan bangsa, untuk itulah kepada seluruh peserta yang hadir agar tidak mudah terprofokasi, hindari segala persoalan-persoalan  yang mudah memecah belah bangsa”.

           

Siswa-siswi SMK KAL-1 Surabaya foto bersama Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur se usai upacara pembukaan Komunikasi Sosial TNI TA 2018 di Puslat Kaprang Kolat Koarmatim.

            Pelaksanaan ceramah komunikasi sosial berlangsung selama satub hari, dengan di ikuti oleh 158  orang yang terdiri dari FKPPI 8 orang, mahasiswa ITS 20, mahasiswa UPN 20, UHT 20, Poltek pelayaran 20, Stikes UHT 20,SMK Pal 20 dan SMK KAL-1 20 . Kehadiran seluruh peserta  di sediakan penjemputan dari Dinas Angkutan Lantamal  V Surabaya(dar).

           

GEMURUHNYA DO’A SMK KAL-1 MENJELANG UNAS

 Nurul Huda, S.Pd., M.Ag saat memberikan tausiahnya di hadapan siswa-siswi   SMK KAL-1  Surabaya  dalam Istighosah dan Go'a bersama menjelang berlngsungnya UNBK.

Surabaya,(29/3)

Lulus ujian nasioanal berbasis komputer (UNBK) dengan nilai tinggi menjadi impian banyak orang. berbagai langkah konstruktif ditempuh lembaga pendidikan untuk mewujudkan hal itu. Salah satunya dengan menghadirkan Ustadz  yang juga  seorang guru di SMK KAL-1 Surabaya Drs. Choirur Rozi dan Nurul Huda, S.Pd., M.Ag sebagai motivator dalam istighosah dan do’a bersama.

Kehadiran ustadz di SMK KAL-1  memberikan pencerahan/ tausiah  agar siswa setelah menempuh mata pelajaran selama 3 tahun dapat memanfaatkan kesempatan terbaiknya dalam melaksanakan UNBK, memalui do’a- do’a yang di pandu oleh Sang Ustads, siswa dapat khusu’ dalam berdoa, Kamis (29/3) di sekolahan yang berada di kawasan KODIKLATAL Morokrembangan, sedikitnya 277 siswa kelas XII bersama masing-masing guru Wali Kelas memadati  Masjid  Baiutul ‘Ilmi  yang berada di lantai dua SMK KAL-1.

Pelaksanaan Istighosah dan do’a di laksanakan setelah apel pagi, kemudian seluruh siswa-siswi kelas XII yang beragama Islam menuju ke Masjid Baitul ‘Ilmi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Munawar,S.Pd mengawali dengan memberikan penjelasan kepada seluruh siswa  tentang pelaksanaan UNBK yang akan di mulai Senin,(2/4) dengan hadir lebih awal, dan sebelum berangkat sekolah  menekankankan kepada siswanya agar  minta maaf dan doa resrtu kepada ke dua orang tuanya terlebih dahulu.

Pada acara inti  Istighosah dan do’a bersama , Choirur Rozi langsung memimpin sholat Dhudha berjamaah dan dilanjutkan do’a  kemudian selang beberapa menit  Nurul Huda memeberikan tauziahnya.

Peserta siswa-siswi SMK KAL-1 dengan hikmat mendengarkan tausiah yang sedang berlangsung di Masjid Baitul “Ilmi

''Seluruh siswa kelas XII  terdiri dari 4 jurusan ( Teknik Kendaraan Ringan/TKR, Teknik Pemesinan/TPM, Teknik Instalasi Tenaga Listrik/TITL dan Teknik Audio Vedio/TAV) guru dan manajemen sekolah mengikuti Istighosah dan tausiah dengan hikmat  dalam rangka mengahadapi ujian sekolah,'' ungkap Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd yang  pada saat pelaksanaan Istighosah sedang melaksanakan tugas di luar sekolah. Kepsek  mengharapkan agar seluruh siswanya  mampu memberikan hasil UNBK terbaiknya.

 Setelah menuntut ilmu hampir tiga tahun di bangku SMK KAL-1, mereka diharapkan dapat melanjutkan ke jenjang  yang lebih baik , baik yang akan melanjutkan kuliah atau mencari lapangan kerja. ''Kami juga berharap mereka bisa memberikan kebanggaan kepada sekolah dan kedua orang tua ,juga dengan diadakan do’a bersama dalam istighosah ini di harapkan siswa-siswi tidak hanya siap secara materi saja saat ujian akan tetapi  juga siap secara mental”, ujarnya.

Mayoritas peserta dalam kegiatan itu mendengarkan dengan pernuh semangat. Suasana yang mengharukan terlihat saat sejumlah pelajar yang duduk bersila terharu dengan kepiawian ustadz , ada yang malu-malu mengusap air mata yang menetes tidak terasa. Mereka merasa sadar bahwa selama ini belum dapat memenuhi kewajibannya secara optimal. Baik kepada orang tua dan terhadap sekolahnya.  Dengan sisa waktu yang singkat menjelang pelaksanaan UNBK yang akan di mulai Senin (2/4), diharapkan momen relatif singkat tersebut dapat melipat gandakan spirit belajar peserta didik.

Pelaksanaan persembahan do’a bersama yang di laksanakan oleh siswa-siswi  yang beragama Kristen/Protestan dalam  salah satu kelas.

  Disamping siswa-siswi yang beragama Islam melaksanakan Istighosah dan do’a bersama, tidak ketinggalan  siswa-siswi SMK KAL-1 yang beragama Non Muslim ( Kristen/ Protestan ) juga melaksanakan do’a bersama di dalam kelas  di pimpin oleh  Pastor Agustinus Hary M.SE., M.Th yang juga sebagai guru agama ( Kristen/ Protestan ) di  kelas X,XI dan XII (dar) .

 

SISWA SMK KAL-1 PAMERKAN 30 MOTOR MODIF

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan, M.Pd  mencoba menghidupkan  mesin salah satu  sepeda motor yang di pamerkan  oleh siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di arena pameran

Surabaya,(16/3)                                                   

Gebrakan baru Pjs Kepala Program Teknik Kendaraan Ringan ( TKR )  SMK KAL-1 Ali Zuhfriyanto, ST yang baru saja menenpati posisinya ,  bersama sejumlah  siswa jurusan TKR,(Jumat(16/3) menggelar Pameran  30 Sepeda Motor Modif di Ruang Muatan Lokal/ Mulok.

Kegiatan  pameran  Modif Otomotif tersebut  secara resmi di buka oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd di saksikan oleh para Waka , guru mapel dan siswa semua Jurusan, pemotongan pita sebagai simbul di bukanya pameran   di laksanakan di depan pintu masuk ruangan Mulok.

Ali  Zuhfriyanto  penanggung jawap  pelaksanaan pameran ini  melaporkan  kesiapan siswanya  bahwa meskipun tanpa persiapan yang matang ( hanya empat)  hari, pameran ini dapat terlaksana berkat dukungan seluruh managemen sekolah berserta seluruh siswanya yang dengan gigih menyiapkan sepeda yang ia miliki.

Kepsek SMK KAL-1 menyambut baik kreaktifitas siswanya, harapannya ke depan  kreaktifitas semacam ini bisa di tampilkan di luar sehingga sehingga menambah popularitas nama sekolah. Bahkan dengan penuh keyakinan  ke depan kreaktifitas siswanya  ini akan di tingkatkan yang lebih besar lagi.

Pameran modif otomotif sepeda motor di ikuti oleh  siswa kelas X dan XI dengan beaya mandiri, merupakan kebanggaan bagi SMK KAL-1, karena melalui ajang ini siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan dapat berkarya sekaligus menumpahkan kreaktifitas yang mereka miliki.

Sepeda motor hasil modifikasi siswa  kelas  X dan XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Pameran kali ini menampilkan berbagai sepeda motor yang di modifikasi dari motor   tahun 70 an hingga  keluaran terbaru N Max 2017. Terpampang di arena pameran antara lain : Honda Cb Olong, Satria full  airbrush, Honda grend, Vega airbrush, Gl 100 clasik,  Cb Drem, RX King,  Tiger 2000, N Max . Jumlah sepeda motor siswa   jurusan TKR mencapai 30 lebih yang berhasil di pamerkan (dar).

SMK KAL -1 SEMARAKKAN GEBYAR ESKUL SE SURABAYA

Dance Kal One saat tampil dalam Gebyar Ekstrakurikuler Jenjang SMK se Surabaya tahun 2018. 

Surabaya,(14/3)

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut  (SMK KAL-1) Surabaya,(14/3) menampilkan 4 macam kegiatan ekstrakurikulernya dalam rangka ikut meramaikan  Gebyar Ekstrakurikuler  Jenjang SMK yang berlangsung di Marvell City Mall, Surabaya.

Gebyar Ekstrakurikuler  Jenjang SMA/SMK di ikuti kurang lebih 20 peserta baik SMA/SMK negeri maupun swasta selama empat hari sejak 12 Maret hingga 15 Maret 2018 dengan masing –masing sekolah di alokasikan waktu selama 75 menit.

Kepala UPT Bina Prestasi Peserta Didik Dispendik Jawa Timur  Indah Andayani mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplor sisi non-akademik para siswa, sehingga siswa tidak merasa kejenuhan dalam latihan ekskulnya serta dapat  mempertajam ketrampilan,kepercayaan diri yang semakin meningkat serta dapat mengalihkan dari segala persoalan yang negatif.

SMK KAL -1 tadi siang cukup membuat penonton tercengang, bagaimana tidak , mereka menampilkan  hanya  4 macam ekskulnya, namun ke semuanya  tampil dengan sempurna dan mendapatkan apresiasi dari pengunjung di Mall yang sempat melihat acara tersebut.

Ekstra Pramuka SMK KAL-1 menampilkan semaphore yang menjadi salah satu andalannya dalam lomba-lomba pramuka.

Ke-empat ekstrakurikuler SMK KAl-1 tersebut antara lain Dance Kal One,  Pramuka, Beladiri Pencak Silat dan Parkour (  gerakan semacam Breakdance) dengan melibatkan 25 siswa terdiri dari siswa kelas X,XI dan XII.  Luar biasa semangat mereka untuk tampil,  bahkan ada beberapa diantaranya kelas XII yang paginya harus melaksanakan kewajiban USBN dulu, ternyata mereka hadir setelah pelaksanaan ujian.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd ikut melepas keberangkatan siswanya,  kepada peserta yang akan tampil dia mengharapkan agar seluruh peserta berusaha tampil yang terbaik sehingga dapat mengaharumkan nama sekolah, karena kesempatan ini adalah sebagai salah satu  ajang memperkenalkan diri akan keberadaan SMK KAL-1 di tengah-tengah masyarakat kota Pahlawan Surabaya.

Selama  pelaksanaan di  Marvell City Mall siswa  di damping oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Drs Parman,  M.Si serta Pembina Osis I Ketut Pastika, S.Pd., M.M. Mereka berdualah yang selalu mendampingi kegiatan siswa khususnya di luar sekolah (dar).

DONGKRAK NILAI UNBK 2018, SMK KAL-1 MAKSIMALKAN TRY OUT

Siswa SMK KAL-1 antusias saat memelaksanakan gladi Try uot UNBK yang berlangsung di kelas  sekolah

Bagi siswa perjuangan akhir dari sekolah adalah sebuah kelulusan dengan hasil terbaiknya, tidak semudah apa yang di kata orang. Saat ini seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan khususnya di Propinsi Jawa Timur sedang menggalakkan Try Out dalam rangka menyongsong UNBK tahu 2018.

                Seluruh manjemen sekolah  SMK KAL-1 yang di komandani Pamen TNI AL Drs Burhan, M.Pd dengan  melati dua di pundaknya ini tidak ketinggalan memanfaat kan kesempatan tersebut,  mulai kemarin (5-7) Maret telah melaksanakan  gladi Try  Out UNBK 2018 yang di ikuti oleh 277 siswa  kelas XII , terdiri dari 4 jurusan masing- masing Teknik  Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemesin (TPM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL) dan Teknik Vedio Audio ( TAV).

Selama dua hari para siswa dengan penuh antusias melaksanakan gladi try uot, mereka sadar betul bahwa kesempatan ini tidak ada duanya, apalagi dukungan dan  motifasi selalu di berikan segenap guru yang selalu setia mendampingi dalam pembelajaran baik teori maupun praktek.

Menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum  Munawar,S.pd yang selalu menekankan akan pentingnya try out di depan apel siswa, mereka  punya kesempatan luas untuk mengukir prestasi, mencari jati diri dalam UNBK mendatang dan harus di mulai saat ini. Tujuan try out  sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi UNBK. Oleh sebab itu, segenap  guru SMK Kal-1 dan seluruh managemen sekolah  maupun orang tua di rumah perlu mendorong anak untuk mengikutinya dengan serius. Menganggap try out sebagai ujian yang sebenarnya “demikian akunya”. Soal try out memang tidak bisa ditebak sama atau tidak dengan soal UNBK tahun lalu . Namun  apabila peserta try out  sudah menenpuh semua mapel yang menjadi dasar acuan pembuatan soal-soal dan menyiapkan diri dengan baik tentu saja tidak akan menemui kesulitan. SMK KAL-1  telah melaksanakan gladi try out 5 hingga 7 Maret dengan  mapel Matematika, Bahas Inggris dan Kejuruan yang terdiri dari 4 jurusan yang ada di sekolah.

 Perjuangan siswa dengan hasil maksimal juga sangat terbantu dengan adanya bimbingan mata pelajaran /bimbel yang juga di laksanakan di sekolah  pada setiap hari Selasa dan Kamis dengan mengambil waktu  pagi hari sebelum pembelajaran jam biasa di mulai, yaitu jam 06.15 hingga 07.15. Tentu saja seluruh guru yang terlibat  maple Unas akan mencurahkan segala apa yang dia miliki guna mensukseskan perserta didiknya.

Disamping itu melalui try out ini  diharapkan siswa akan terlatih mengerjakan soal-soal ujian, melatih  pola pikir sissa dalam menghadapi bentuk-bentuk soal, menguji kemampuan dasar menghadapi unas dan menumbuhkan kepercayaan diri menyambut Unas mendatang..

Pelaksanaan try out akan berlangsung (8-10)  Maret dengan menempuh mapel  Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris dengan durasi 120 menit (dar).

 

KOARMATIM KENALKAN ALUT SISTA KEPADA SISWA SMK KAL-1 SURABAYA

Siswa SMK KAL-1 saat melepas mendapatkan penjelasan kondisi KRI Arun dari Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Timur/ Koarmatim yang sedang sandar di dermaga Ujung Surabaya.

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) Kodiklatal  Surabaya, Senin( 5/3) melaksanakan kunjungan ke Koamando Armada RI Kawasan Timur  dengan sasaran Patung Monjaya dan KRI ARUN 903 dari jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmatim . Menurut Komandan KRI Arun 903 Letkol Laut (P) Victor P. Siagian, S.T., M.Si kondisi KRI saat ini masih dalam perbaikan, ini menunjukkan meskipun kapal sudah termasuk burusia tua , namun keberadaannya masih sangat di butuhkan oleh TNI AL sebagi kapal tengker yang bertugas mensuplay bahan bakar / BBM di tengah laut pada saat kapal-kapal (KRI)  beroperasi  melaksanakan tugas pengamanan lautan ataupun melaksanakan latihan bersama.

Dalam kunjungan tersebut siswa SMK KAL-1 di bagi dalam gelombang 1 dan 2, dimana pelaksanaannya gelombang 1 di laksanakan Senin,(5/3) dengan jumlah siswa 144 serta 10 guru pendamping. Ke 144 siswa-siswi tersebut merupakan siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR  A dan B ), dan Teknik Pemesinan (TPM A).  Sedangkan untuk  gelombang ke 2 pelaksanaan besuk Rabu,(6/3) dengan jumlah siswa 130  dari jurusan Teknik Pemesinan  ( TPM B) , kelas Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Audio Vedio ( TAV ) disertai guru pembimbing 10.

Sasaran  yang ingin dicapai dalam kunjungan tersebut disamping untuk menunjang mata pelajaran kebaharian juga memperkenalkan kepada siswa SMK KAL-1  akan adanya kekuatan dari TNI Angkatan Laut  KRI Arun 903 yang memiliki tugas dan tanggung  jawab mengamankan  Laut Jurisdiksi Nasional Indonesia. 

KRI Arun sebagai obyek dari kunjungan siswa tersebut  juga merupakan  media pembelajaran di luar kelas guna memupuk akan cinta kebahari,  umumnya untuk siswa kelas X tahun pelajaran 2017/2018. Karena Indonesia adalah negara maritim yang memiliki luas lautannya lebih dari dua pertiga daratan.  Untuk itulah sudah menjadi kewajiban di lingkungan sekolah-sekolah di bawah Yayasan Hang Tuah di seluruh Indonesia untuk selalu memanamkan jiwa kebarhian, dimana salah satunya adalah dengan cara  melaksanakan karya wisata ke Koarmatim.

Seluruh siswa siswi SMK KAL-1 yang tergabung dalam kunjungan ke Armatim adalah siswa dengan begron pendidikan Teknik, sehingga siswa dapat dengan mudah menyerap tentang teknologi ( Alut Sista ) TNI AL yang di miliki kapal Tengker tebesar milik TNI AL tersebut yang kesemuanya menggunakan teknologi sebagai mana di jelaskan oleh para perwira dan Bintara  di KRI Arun yang menjadi guide.

Mereka sebelum ke KRI Arun para siswa terlebih dulu melihat dari dekat keberadaan Monumen Patung Jalesveva Jaya Mahe yang sudah tersohor di penjuru dunia , patung ini hampir menyamai ketenarannya  dengan patung Liberty yang berada di kota New York USA. Di Monumen patung Monjaya para siswa di pertontonkan kemampuan alut sista TNI AL dalam sebuah vedio yang dikemas dengan menarik sebuah rangkaian visualisasi peperangan laut terbesar dari TNI AL dengan Latihan Armada Jaya, dimana melibatka seluruh kemampuan  dan kekuatan Alut Sista  yang di miliki oleh TNI AL saat ini.

Dengan sangat antusias siswa-siswi SMK KAL-1 Surabaya mengikuti penjelasan sari Guide Museum” Loka Jala Krana”, meskipun letaknya hanya berdekatan denga lokasi sekolahnya , namun para siswa belum pernah mengetahui isinya Museum tersebut

Kunjungan siswa SMK KAL-1 di akhiri di  Planetarium Museum “ Loka Jala Crana” Akademi TNI Angkatan Laut Bumimoro Krembangan Surabaya, Di tempat ini seluruh siswa dapat  mengaplikasikan pengetahuan / teori yang didapat di bangku sekolah dengan peralatan planetarium yang  ada di   Museum  milik TNI Angkatan Laut . Mereka juga di pandu oleh personil Museum untuk di perkenalkan akan adanya sejarah kemampuan  dan kekuatan yang pernah di miliki oleh TNI AL, sehingga di harapkan mereka akan merasa memiliki  dan bangga dengan bangsanya sendiri yang pernah  memiliki kekuatan yang terhandal di kawasan Asia Tenggara saat pemerintahan Presiden Pertama IR. Soekarno,  “Nenek Moyangku orang Pelaut”  ungkapan itu harus selalu di tanamkan di benak sanubari setiap generasi muda Indonesia (dar).

 

SMK KAL I BENTENGI DIFTERI, GALAKKAN IMUNISASI

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan, M.Pd saat melihat daridekat proses imunisasi siswanya yang berlangsung di Ruang RPS SMK KAL-1 Surabaya.

Surabaya,(06/2)

477 Siswa-siwi SMK KAL 1 Surabaya, Rabu(06/2) mendapat pelayanan imunisasi Difteri dari dokter dan para medis Puskesmas Krembangan Sekatan , Imunisasi berlangsung dii Ruang RPS ( ruang praktek siswa) dengan pendampingan para guru yang dipimpib langsung oleh Kepala sekolah Drs. Burhan, M.Pd

Pelaksanaan imunisasi difteri gelombang pertama berlangsung dari jam 08.30 hingga 12.00 WIB, melibatkan 12 personil kesehatan terdiri dari Kepala Puskesmas Krembangan Selatan dr.Dayanti di bantu seorang  bidan dan   10 orang para medis.

Kepala Puskesmas dalam jumpa dengan seluruh guru UKS di wilayahnya beberapa hari sebelum pelaksanaan imunisasi difteri menjelaskan banhwa satu-satunya cara untuk mencegah penularan difteri adalah melalui imunisasi. Difteri sangat mudah menular melalui udara yaitu lewat nafas dan batuk penderia. Pencegahan melalui vaksi DTaP ( difteri ,tetanus dan pertanus)    

Difteri menyebabkan timbulnya selaput tebal di belakang tenggorokan, hal ini akan menyebabkan masalah pernapasan, kelumpuhan, gagal jantung, hingga kematian. Sedangkan tetanus menyebabkan pengencangan otot yang nyeri, biasanya mengenai seluruh tubuh ,hal ini menyebabkan dagu terkunci sehingga pasien tidak dapat membuka mulutnya ataupun mengunyah. Tetanus menyebabkan kematian 2 dari 10 kasus. dan Pertusis (Batuk Rejan) menyebabkan batuk yang berat hingga anak tidak bisa makan, minum, ataupun bernapas. Batuk ini dapat berlangsung hingga beberapa minggu,hal ini dapat menyebabkan pneumonia (infeksi paru), kejang (menyentak dan tampak mencolok), kerusakan otak, dan kematian. 

 

Para siswa  SMK KAL-1 melaksanakan absendi sebagai tanda telah mengikuti imunisasi Diftteri yang di laksanakan oleh Puskesmas  Krembangan Selatan.

Diftaeri memiliki masa inkubasi dua hari hingga lima hari dan akan menular selama  dua minggu hingga empat minggu. Penyakit ini akan sangat bahaya dan menular dan dapat menyebabkan kematian jika tidak di tangani secara cepat.

SMK KAL-1 pada tahun pelajaran 2017/2018 memiliki siswa 788 dengan rincian  kelas X 269 siswa, kelas XI 242 siswa dan kelas XII 277 siswa. Pada gelombang pertama hari ini telah dilaksanakan  imunisasi difteri terhadap 477 siswa yang terdiri dari 5 jurusan, jurusan Teknik Kendaran Ringan (TKR), Teknik Pemesinan (TPM) Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Vedio Audio (TAV).

Bagi siswa yang belum melaksanakan pada gelombang pertama tadi pagi, pihak Puskesmas Krembangan Selatan besuk akan melaksanakan pelayanan imunisasi di SMK KAL kembali.(dar)

 

   

Galery  

Please update your Flash Player to view content.
   

Agenda Kegiatan  

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H


Pelaksanaan UAS Semester Genap 9-23 Mei 2017


Pelaksanaan Pengambilan Laporan Hasil Belajar Kamis, 15 Juni 2017