Posts

SMK KAL-1 KAWAL USBN CBT & USBN TULIS 2019.

Waka Kurikulum saat melihat pelaksanaan USBN CBT di ruang kelas kejuruan Teknik Pemesinan

Surabaya,(5/3)

SMK KAL-1 Surabaya yang merupakan  anggota Sub Rayon 7 SMK N 7, hari ini Selasa,(05/3) melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) hari pertama, pelaksanaan USBN sub Rayon 7  yang terdiri dari SMK KAL-1, SMK PGRI, SMK Wijaya Putra, SMK Wakhid Hasyim 2, SMK KAL-1 dan SMK N7.

 

Proses USBN dengan CBT ( Computer Based Test) SMK KAL-1 dilaksanaksanakan 3 sesi dengan jumlah siswa 235 terdiri dari 4 jurusan, Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Kompetensi Pemesinan ( TPM ), Kompetensi Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ) dan Kompetensi Audio Vidie (TAV) dan tes tulis akan  dilakasanakan diruangan tersendiri.

 

Seluruh guru yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung ikut memonitor seluruh peserta USBN,  mulai kehadiran peserta ujian  saat apel pagi berlangsung hingga peserta selesai mengikuti ujian.

 

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd saat melihat dari dekat pelaksanaan USBN CBT, mengharapkan kepada guru pengawas agar pelaksanaan USBN bisa berlangsung sesuai SOP USBN, kehadiran Kepsek di tengah-tengah siswanya tentunya ikut  memberi motifasi kepada siswanya , dengan harapan siswa dapat menyelesaikan seluruh soal dengan baik serta  mendapatkan nilai akhir yang terbaik.

 

Waka Kurikulum SMK KAL-1 Munawar, S.Pd ikut terjun langsung mengawasi jalannya pelaksanaan USBN baik USBN CBT maupun Tulis. USBN CBT sesi pertama berlangsung pada jam 07.00 hingga 10.00, Sesi kedua pada jam 10.15 hingga 13.15 da sesi ke tiga pada jam 13.30 hingga16.30. Sementara itu USBN Tulis berlangsung  untuk sesi pertama jam 08.30-09.30 pesertanya adalah  siswa  USBN CBT sesi kedua, pada jam 10.30-11.30  USBN Tulis dengan peserta siswa  USBN CBT sesi pertama dan pada jam 12.00-13 USBN Tulis pesertanya adalah siswa USBN CBT sesi ke tiga.

Terkait dengan USBN tersebut mata pelajaran yang  di ujikan antara lain : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKN, Bahasa Indonesia,  Pendidikan Jasmani,olah raga dan Kesehatan, Matematika, Sejarah Indonesia,  Bahasa Inggris,  Simulasi Digital,  Seni Budaya, Fisika, Prakarya dan Kewirausahaan, Kimia, Dasar Program Keahlian, Dasar Bidang Keahlian serta Mulok Bahasa Daerah.

Proses pelaksanaan USBN CBT di laksanakan di 4 Ruang kelas yang saling berdekatan dengan computer yang sudah di siapkan dari sekolah,  kesemuanya memudahkan siswa dalam mengakses soal-soal secaara online dengan demikian selama berlangsung USBN CBT tidak ada kendala yang berarti bagi peserta ujian.

Tempat pelaksanaan USBN CBT dan USBN Tulis  jarak yang berdekatan sehingga memudahkan peserta melaksanakan ujian tersebut, USBN akan berakhir pada tanggal 18 Maret 2019. Selama berlangsung proses belajar mengajar untuk kelas X dan XI tetap berjalan seperti biasanya, sengaja sekolah tidak meliburkan sesuai ketentuan dari  Sub Rayon 7 SMKN 7/ Diknas Kota Surabaya(*YHT/dar).

 

SISWA SMK KAL-1 LAKSANAKAN PEMERIKASAAN KESEHATAN BERKALA

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat mennjau pelaksanaan pelayanan pemeriksaan siswa-siswi SMK KAL 1 Surabaya di Ruang Rapat sekolah.

Surabaya,(27/2)

            Masalah kesehatan adalah masalah kita semua, selagi  di  sekolah kesehatan peserta didik merupakan tanggung jawab  sekolah. Untuk itu Rabu (27/2) bertempat di Ruang Rapat SMK KAL-1 Surabaya  berlangsung  pemberian materi kesehatan kepada kurang lebih 239 peserta didik dari kelas XI   Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), dan kelas XII  Jurusan Teknik  Audio Vedio ( TAV ), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ), Teknik Pemesinan  ( TPM ) serta  Teknik Kendaraan Ringan (TKR) oleh drg. Dian Infadita dari Puskesmas Morokrembangan  dengan pendamping  Fatonah Anggraeni, Amd (perawat) , Ika Fentining, Amd (bidan) seorang para Medis Rudy Susanto.

            

Sebelum pemerikasaan kesehatan , kepada siswa yang hadir diberikan penyuluhan kesehatan dengan  materi   NAPZA ( Narkotika, Psikotrmopikandan Zat Aditif lainnya) berlangsung singkat,  kemudian di lanjutkan pemerikasaan  kesehatan berkala. Pemeriksaan kesehatan peserta didik  SMK KAL-1  di tangani oleh dokter dari Puskesmas Morokrembangan merupakan tindak lanjut dari kerja sama  seperti di tahun- tahun sebelumnya. Dimana dokter dari Puskesmas tersebut  melakukan cek kesehatan dini kepada para peserta didik. Tim Medis yang datang melakukan cek satu persatu kondisinya, kemudian memberikan kesimpulan secara global kondisi kesehatan peserta didik. Dokter memberikan penjelasan potensi penyakit apa yang mungkin akan diderita oleh masing-masing peserta didik , sehingga bisa dilakukan pencegahan secara dini.

 

Penjaringan berkala untuk yang kedua kalinya di tahun pelajaran  2018/2019 dilakukan hari ini (27/2) dimana sebelumnya telah di lakukan diawal semester ganjil. Saat pelaksanaan pemerikasaan dokter kepada siswa Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd melihat dari dekat pelaksanaan tersebut sambal memberikan motifasi kepada seluruh siswa agar mengikuti pemeriksaan secara seksama karena pemeriksaan yang di lakukan kali ini tanpa di pungut biaya. Ini semua karena antara SMK KAL-1 dan Puskesmas Morokrembangan telah melangsungkan MoU (Memorandum of Understanding ) Pelayanan Kesehatan bagi seluruh siswa dan guru yang bertugas di sekolah yang berdomisili di Kodiklatal ( Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut ) Morokrembangan Surabaya.

 

Seluruh siswa yang akan di perikasa wajib mengisi kuesioner gunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.

 

Secara umum, tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius pada semua siswa. Hanya ada beberapa masalah kecil, misalnya tidak memakai kacamata padahal menderita mata minus, kurang menjaga kebersihan tangan dan mulut , terdapat panu, gigi berlubang , telinga kotor karena tidak pernah di bersihkan dll. Setidaknya dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih perhatian terhadap kesehatan diri sendiri dan tahu punya potensi penyakit yang berbahaya atau tidak.

 

Dari  hasil penjaringan dokter dari Puskesmas Morokrembangan menemukan bahwa ada beberapa siswa yang harus mendapat perawatan  kesehatan di puskesmas karena ada indikasi penyakit ringan yang harus  segera di tangani sebelum mebahayakan diri  (*YTH/dar).

SMK KAL-1 RESMIKAN KETUA OSIS DAN ANUGERAHI PENGHARGAAN ATLIT BERPRESTASI

Kepala Sekolah SMK KAL-1  saat menyerahkan bendera Osis kepada Ketua Osis terpilih periode tahun 2019-2020 di halaman sekolah.

Surabaya,(21/2)

Bertempat di halaman Sekolah Mengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut  ( SMK KAL-1 ) Surabaya, Kamis ( 21/2)  16 atlit perorangan , 3 tim cabang olah raga beregu dan 1 tim pramuka menerima penghargaan dari Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd  setelah mereka berhasil mengukir prestasi terbaiknya di beberapa event kejuaraan . Pemberian penghargaan tersebut berlangsung seusai upacara pelantikan Ketua Osis baru masa bakti 2019-2020.

Upacara pelantikan Ketua Osis berlangsung singkat , dari ketua lama Eko Setiawan kelas XII TKR- A di serahkan kepada penggantinya  Elang Ardian Sadewo kelas  X TKR-B yang telah terpilih pada saat pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Pacet Mojokerto beberapa waktu lalu.

Pamen dengan  melati dua di pundaknya ini  dalam sambutannya menekankan bahwa pergantian ketua osis merupakan  hal yang biasa bagi siswa di sebuah sekolah, namun tentu saja memiliki makna yang sangat luas, karena organisasi harus berjalan sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan untuk  membantu mewujudkan visi dan misi SMK KAL 1 serta utamanya adalah dalam rangka memberi kesempatan dan peluang kepada siswa terpilih untuk  dapat lebih mengembangkan kemampuan berorganisasi .

 Melalui  pembaharuan kepemimpinan diharapkan  akan terjadi  kaderisasi dan kesinambungan kepemimpinan guna memantapkan proses organisasi siswa intra sekolah SMK KAL-1 , dan menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsive dan antisipasif dalam menghadapi dinamika dan tantangan ke depan yang menjadi tanggung jawabnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepsek SMK KAL-1 sengaja meluangkan waktunya untuk memeberikan apresiasi kepada seluruh siswanya yang telah berprestasi, mengukir prestasi terbaiknya di beberapa kejuaraan baik tingkat Yayasan Hang Tuah, tingkat  Kota Surabaya, tingkat Propinsi dan ditingkat Nasional.

Kepada seluruh siswa yang telah berhasil mengharumkan nama sekolah, di berikan piagam penghargaan serta sejumlah dana pembinaan agar kedepan mereka akan semakin  menunjukkan prestasi yang lebih baik lagi.

Para atlit berprestasi tersebut telah mengikuti lomba di  tingkat Yayasan Hang Tuah ,  keluar sebagai juara pertama  cabang Tolak Peluru atas nama Rama Puspa Satria kelas XII TKR-C, juara dua cabang tolak peluru atas nama Hendra Rahmawanta,( juga sebagai juara tiga PASI Jatim), juara dua cabang tolak peluru putri atas nama  Hana Kapitan kelas XI TAV.

Cabang olah raga lari keluar sebagai juara pertama  lari 1000 meter atas nama  Jepy Satria Aryagalu kelas XII TPM-A, juara dua lari 300 meter putra atas nama  Arief Darmawan kelas XII TPM-A ,  juara tiga putra  atas nama Rois Umam kelas  XII TPM-B dan Juara dua lari 300 meter putri atas nama   Meysi Dwi Ningtyas.

Cabang Futsal keluar sebagai juara tiga dan cabang bola voly  putri juga keluar sebagai juara tiga. Kesemuanya lomba cabang-cabang olah raga tersebut dilaksanakan di  SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Sedangkan cabang olah raga dayung yang selalu menjadi andalan SMK KAL-1 keluar sebagai juara pertama  tingkat Koni Surabaya di kelas Perahu Naga Putra usia 18 tahun.

Kegiatan ekstra kurikuler Pramuka ,  keluar sebagai juara pertama  PBB bervariasi ( putra) dan juara  dua pionering  (putri) yang berlangsung di Universitas  Dr. Soetomo Surabaya.

Untuk ketangkasan berkendara/ safety riding yang di selenggarakan Polrestabes Surabaya, berhasil keluar sebagai juara 1 penyisihan  grup atas nama  Isfar Surya Ahmad kels  XII TKR –B dan juara dua atas nama  M. Choirul Rozikin.

Sementara itu Pencak Silat merupakan gudangnya prestasi bagi atlit-atlit SMK KAL-1 baik tingkat Kota Surabaya, Propinsi maupun tingkat nasional , diantaranya adalah M Guntur Adhe P juara tiga  pencak silat  Unesa Open se Jatim, Tri Wahyuni kelas XII TAV juara  tiga  Open turnamen pencak silat ( Propinsi),

 Ditingkat , Nasional  Salsa Putri W kelas XI TAV keluar sebagai juara tiga  ( putri )  JKTC 10,  Juara pertama (putra) di raih oleh Gala Bawafi kelas XI TITL di event JKTC 10 dan juara pertama Kick Boxer Indonesia. M Dwi Agna K  kelas XI TKR-B keluar sebagai juara pertama pada kejuaraan  Pencak Silat Championship YKTC 4,  Divanto Agustian kelas XI TAV  sebagai juara dua (JSOC)  Jakarta Selatan Open Challenge . Satu-satunya siswa putri berprestasi tingkat nasional di raih oleh  Dea Rayu Putri Rahayu  yang berhasil keluar sebagai juara dua di ajang tersebut (dar).

 

 

SISWA SMK KAL-1 SURABAYA IKUTI PROGRAM SAFETY RIDING MPM HONDA MOTOR

Sisawa SMK KAL-1 saat mendapatkan pengarahan dari instruktur safety riding dari MPM Motor Homda Surabaya

Surabaya,(16/2)

Kepala Sekolah SMK KAL 1 Surabaya Letkol Laut (KH) Drs Burhan M,Pd  mengirimkan  siswa yang sudah memenuhi  syarat usia untuk memiliki SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) 17 tahun  ke  Diklat Safety Riding Center MPM Honda Sabtu(16/2), Hal ini sebagai upaya dalam mengurangi bahaya kecelakaan berlalulintas  saat  siswa berkendara  menuju lokasi  sekolahnya.

Dalam pelaksanaannya Devisi Safety Riding MPM Honda Motor Surabaya bekerja sama dengan pihak Kepolisian Bagian Regident SIM melaksanakan diklat  kepada 46 Siswa SMK KAL-1 Surabaya  Safety Riding di Center MPM Honda Sedati Sidoarjo , ke 46 siswa tersebut secara resmi akan  mengajukan untuk memiliki SIM secara kolektif. Untuk itulah pihak kepolisian / Baurmin  Regident  SIM Colombo  membantu upaya dari SMK KAL-1 tersebut.

Yudhistira Ardi Febriantono sebagai instruktur safety riding MPM Honda menyampaikan  materi skill riding meliputi teknik braking, bermanuver & balancing serta teori mengenai danger prediction . Jadi pelatihan kali ini ditujukan untuk membekali siswa pengetahuan terkait skill dan pengetahuan yang aman dalam berkendara. Karena menurut data korban kecelakaan kebanyakan berasal dari usia produktif., harapannya dengan pelatihan ini para siswa bisa lebih bijak dalam berkendara dan selalu cari_aman saat naik motor karena keselamatan diatas segala galanya

            Sementara itu Bripka  Okta Prastiadi, S.Kom yang kesehariannya  bertugas sebagai Baurmin Regident SIM di Colombo Surabaya memberikan materi di class   penjelasan mengenai teknik berkendara yang benar, salah satunya adalah teknik pengereman dimana 60% rem tangan dan 40% rem kaki dsb.

Okta Prastiadi juga memberikan praktek secara langsung di lapangan  berbagai materi  yang telah di sampaikan di class, harapannya, tentunya peserta yang sudah mengikuti safety riding di MPM Honda lebih berkualitas dalam hal ketrampilan dan pengetahuan mengemudi dijalan  raya dengan baik dan benar, sehingga bisa menekan angka kecelakaan yang terjadi dikota Surabaya. Dimana angka kecelakaan di Surabaya didominasi oleh usia 17-30 tahun (data lakalantas Polrestabes Sby th 2018).

Seluruh peserta selama berlangsung diklat mengikuti dengan seksama dan banyak  komunikasi interaktif terjalin antara pemampar dengan siswa,  guru pendamping I Ketut Pastika, S.Pd., MM juga selalu memberikan motivasi kepada siswanya agar selalu bertanya keoada instruktur apa-apa  yang di sampaikan bila belum jelas, dengan demikian timbulah harapan besar bahwa dengan diklat yang telah berlangsung akan membawa hasil yang maksimal, khususnya dalam menjaga ketertiban berlalulintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya (dar).

SMK KAL-1 SURABAYA BUKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 SMK KAL-1 SURABAYA, telah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020, pendaftaran di mulai 01 Februari 2019 pada jam 08.00 hingga 15.00 . Setiap hari Senin-Sabtu.Jurusan yang tersedia :1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN/ OTOMOTIF ( TKR )( TERAKREDITASI "A" ).2. TEKNIK PEMESINAN ( TPM ).( TERAKREDITASI " A" )3. TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL)( TERAKREDITASI "A" ).4. TEKNIK AUDIO VIDEO ( TAV ).( TERAKREDITASI " A" ) Alamat sekolah Kodiklatal Morokrembangan Surabaya.Telp. (031). 3281137, 3285933. Fax . (031) 3281137.Website : www.smkkal-1.com.Ayo....., segeralah daftarkan diri anda sebelum kuota habis, "LEBIH CEPAT LEBIH BAIK BERGABUNG DENGAN SMK KAL-1 SURABAYA"

STAND PAMERAN SMK KAL-1 SURABAYA DAPAT PERHATIAN KHUSUS MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan M.Pd bersama Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Amri Husaini saat mendampingi siswa SMK KAL-1 dalam menerima kunjungan Ketua Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto di stand pameran SMK KAL-1 Surabaya.

Jakarta (29/1).

            Dalam rangka menghadiri rapat Koordinasi Rapat Koordinasi (Rakor) Dharma Pertiwi Tahun 2019 di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan,  Menteri Kelautan Dr.(HC) Susi Pujiastuti menyempatkan diri melihat dari dekat  beberapa  stand  pameran yang di gelar oleh Yayasan Hang Tuah, Selasa (29/1).

            Yayasan Hang Tuah  dalam pameran kali ini menampilkan Printer 3 D dari SMK KAL-1 Surabaya, SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo menampilkan produk keju mozarela  berkalsium tinggi dari tulang ikan Makarel , SMP Hang Tuah 1 Surabaya menampilkan bandeng  Crispi serta Robotik dari SD Hang Tuah -1 Plus  Jakarta.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Amri Husaini,   di tengah-tengah siswa dari satuan pendidikan yang ia kelola, selalu memberi motifasi kepada peserta didiknya  bersama Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Dra. Manik Siwi Sukma Adji saat penerima kunjungan dari Ketua Umum Dharma Pertiwi  Ny. Nanny Hadi Tjahjanto maupun Menteri Kelautan. Susi Puji Astuti.

            Tidak ketinggalan pengurus inti PPYHT juga turut hadir di  pameran tersebut antara lain  Pembina Bidang Umum Drs Rosehan Chaidir, M.A.P, Anggota Pengawas YHT Tatang  Hidayat, S.Pi., M.M serta Kabidik YHT Aris Wibowo, ST.

            Robongan menteri kelautan meninjau stand pameran  sebelum mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Dharma Pertiwi Tahun 2019. Sementara itu para istri TNI, Persit (AD), Jalasenastri (AL) dan Ardhya Garini (AU) juga  tidak ketinggalan turut  mengadakan  pameran hasil  kerajinan   yang ia miliki.

Rakor Dharma Pertiwi tahun 2019 dengan tema "Dharma Pertiwi Berperan Aktif Mewujudkan Peningkatan Mutu Pendidikan, Kesejahteraan Keluarga Prajurit TNI dan Masyarakat serta Memberikan Semangat Motivasi Kepada Suami Dalam Melaksanakan Tugas dan Kewajibannya" akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 29 s.d 31 Januari 2019.

Dalam kegiatan Rakor Dharma Pertiwi tahun 2019 terdapat berbagai pembekalan dan ceramah, yaitu oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti mengenai Menjaga Kelestarian Laut Kita, Ceramah UMKM tentang  Program Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan IKM dan Industri Aneka oleh Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI Ibu Ir. E. Ratna Utarianingrum, M.Si, dan Ceramah Etika Berbusana oleh Bapak Musa.

            Tim pameran dari Yayasan Hang Tuah Surabaya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya Drs. Burhan, M.Pd, smentara itu  Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Siti Aisjah, M.Pd, Kepala Sekolah SMP Hang Tuah -1 Surabaya Kartika Sari, S.Pd., M.Pd serta Kepala Sekolah SD Hang Tuah -1 Plus Jakarta Adi Yanti ,MM selalu mendampingi siswanya dalam pameran tersebut(dar).

PRAMUKA SMK KAL-1 RAIH PRESTASI DI AJANG LK2P SURABAYA 2019

Surabaya,(21/1)

Perjuangan siswa-siswi SMK KAL -1 Surabaya  hyang tergabung  ekstrakurikuler Pramuka membawa hasil positif dengan keluar sebagai  Juara 1 PBB kelompok Putri, juara 2 PBB kelompok Putra dan juara 2 Putri Pioner dalam ajang (LK2P) Lomba Ketangkasan dan Kecerdasan Pramuka Penegak yang berlangsung di Universitas Dr Soetomo ( Unitomo)  Surabaya, Minggu(20/1).

Lomba berlangsung di halaman Kampus Unitomo selama 1 hari, di mulai jam 07.30 hingga 19.30. Seluruh peserta dengan gigih mengikuti serangkaian lomba yang di adakan tanpa mengenal lelah dan tetap semangat hingga waktu berakhir.

Pramuka dari Gudep 17.275-17.276 SMK KAL-1 Surabaya mengirimkan beberapa anggotanya dalam kesempatan  mengikuti  LK2P, mereka berhasil menyisihkan dari 500 peserta dari berbagai pangkalan gerakan pramuka tingkat penegak se Gerbangkertasusila. Dengan berhasilnya merebut  3 piala ini diharapkan menjadi motifasi bagi anggota yang selama ini kuran aktif dalam latihan.   Kegiatan ini di buka langsung oleh  Kak Bachrul Amiq yang kesehariannya selaku Ketua Majelis Pembimbing  Gugus Depan ( Kamabigus) Unitomo Surabaya.

“Sesama peserta saling menunjukkan kerjasama yang baik,  sehingga  membuat gerakan pramuka tetap eksis dalam membangun kekompakan dan kebersamaan satu tim. Dan itu merupakan modal awal dalam membangun karakter milenial”, akunya Rektor Unitomo.

Selain itu untuk menghadapi era milenial , gerakan pramuka menjadi penting dalam melatih mental, moral, ketrampilan dan pengalaman. Melalui lomba ini  diharapkan peserta  dapat berkompetisi sesuai dengan tuntutan ilmu  pengetahuan dan perkembangan teknologi serta dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dalam bersosialisasi  antar anggota penegak.  Melalui gerakan pramuka, lomba kali ini juga menitik beratkan pada pembentukan karakter generasi milenial (*YHT/dar).

SMK KAL- I  HADIRKAN  NOODLE SEASONING SENSOR MACHINE DALAM  FESTIVAL EKSKUL DAN PAMERAN PENDIDIKAN 2019.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat berpose bersama siswa di depan stand  pameran SMK KAL-1 di Jatim Expo 

Surabaya,(11/1)

Alat sensor pendeteksi bumbu mie instan ( Noodle Seasoning Sensor Machine) Produk SMK KAL-1 Surabaya di tahun 2018 terpampang di stand pameran dalam rangka Festival Ekskul dan Pameran Pendidikan di Jatim Expo (10-12 Januari).

Cara kerja alat ini begitu mie  masuk melalui  konveyor, setelah itu di deteksi oleh sensor proximity induktif yang dapat mendeteksi keberadaan bumbu. Apa bila mie tidak terdapat bumbu maka akan di dorong oleh cilinder(di reject) untuk dipisahkan. dan apa bila mie lengkap  bumbunya maka akan lewat. Mesin ini adalah mesin quality control yang berstandar alumunium foodgrade. Sudah terjual 2 ke produsen mie. Dan sudah pernah menang 15 besar lomba startup 4.0 Kemenprin 2018

 Festival Eksul, Talkshow  dan Pameran Pendidikan yang di hadiri 120 sekolah  tingkat SMA/SMK baik negeri maupun swasta di Surabaya  yang secara resmi di buka oleh  Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, DR H Saiful Rachman  serta secara simbolis dilaksanakan penekanan  tombol sebagai awal pembukaan  ‘Festival Eskul, Talkshow dan Pemeran Pendidikan’ di Jatim Expo.

 SMK KAL-1 dalam kesempatan ini menampilkan beberapa produk andalannya antara lain  Mesin Printer 3 D dari jurusan Teknik Audio Video , Sistim pengisian dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Alat  , Alat /sensor  bumbu mei  instan dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan skrip komando, dongkrak manual dari jurusan Teknik Pemesinan.

Kegiatan Festival Eskul , Talkshow dan Pameran Pendidikan di Jatim Expo merupakan yang pertama kali di laksanakan  dan kedepan diharapkan bisa di teruskan di tahun berikutnya.

Menurut Kadindik Jawa Timur, Saiful mengaku kalau festival dan pameran yang dilaksanakan SMA/SMK se-Surabaya ini memiliki kesan tersendiri. Sebab, festival dan pameran ini baru diadakan pertama kali di Jawa Timur, bahkan se-Indonesia.

200 Siswa/siswi SMK KAL- 1 Surabaya di berangkatkan  menuju lokasi  Festival Ekskul, Talkshow dan Pameran Pendidikan di Jatim Expo se usai pelaksanaan Sholat Jum’at  di Masjid Baitul ‘Ilmi. Jum’at (11/1). Kepala SMK KAl-1 Drs Burhan ,M.Pd sengaja menujuk siswa/siswi kelas X agar mereka memiliki wawasan  yang luas dengan melihat produk-produk hasil para siswa dari berbagai SMK se Surabaya, dengan harapan  mereka dapat termotivasi untuk menciptakan karya teknologi tepat guna .

Setibanya di lokasi langsung keliling  melihat dari dekat  seluruh stand  dari 120 SMA/SMK baik negeri maupun swasta dan berakhir di stand SMK KAL-1, ikut  memberikan semangat kepada teman-temannya yang mulai kemarin (10/1) dengan tekun menjaga stand sekaligus sebagai guide para  pengunjung yang melihat dari dekat keberadaan stand sekolahnya, Waka Kesiswaan  Drs Suparman MSi beserta beberapa guru ikut mengawal para siswa tersebut.

Menurut Kadindik acara ini dijadikan acuan di seluruh Jawa Timur. Menurut dia, tidak ada salahnya Festival Ekskul dan Pameran Pendidikan ini mulai diadakan di seluruh kabupaten/kota. Kegiatan ini dinilai sangat positif, karena mampu mengurangi pengaruh-pengaruh negatif yang bisa menerpa siswa-siswi SMA/SMK.

Dalam Talkshow Kadindik Jawa Timur menegaskan bahwa eksatrakurikuler memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan tiga kopetensi antara lain  kepribadian, bakat dan kemampuan.  Apa yang terjadi di ruang pembelajaran di  kelas itu akan memiliki energy yang luar biasa jika kepribadiannya diperkuat, bakatnya mengalami peningkatan,dan secara otomatis kemampuan  bisa di perkuat dan itu hanya bisa melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Surabaya-Sidoarjo, DR. Sukaryantho menambahkan, kegiatan ektra di sekolah sangat dibutuhkan siswa. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi antara otak kanan dan kiri. Dengan begitu, pemikiran yang dimiliki siswa akan seimbang antara kecerdasan dan ketrampilan.

Orang nomor wakhid di Cabang Dinas Pendidikan Surabaya-Sidoarjo menegaskan festival yang diinisiasi ini mempertontonkan kelebihan siswa di atas panggung, mereka bebas beraktivitas dan ditunjukan diatas panggung. Sementara pameran pendidikannya diikuti 120 sekolah SMA/SMK. Mereka menunjukan kreativitas sekolah supaya diketahui oleh masyarakat.(dar).

 

 

 

 

GALA BAWAFI ASSEGAF SISWA SMK KAL-1 KEMBALI UKIR PRESTASI DI KEJUARAAN NASIONAL OPEN BANDUNG LAUTAN API (BLAC) 2018.

Gala Bawafi Assegaf saat menerima medali sebagai juara  dua Pencak Silat di Turnamen Bandung Lautan Api Championships 2018

Surabaya, (21/12)

Gala Bawafi Assegaf , siswa SMK KAL-1 jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI  dalam mengikuti kejuaraan Nasional Open Bandung Lautan Api Championship ( BLAC) 2018 kembali mengukir prestasi dengan  menggondol juara  II di kelas 57-60 kg tunggal di GOR 3 ITB Jatinagor Kabupaten Sumedang (16/12).

Kejuaraan  Nasional Bandung Lautan Api 2018 sengaja di gelar di sela-sela liburan sekolah yang di ikuti dari beberapa daerah Jatim, Jabar, Jateng, Kalimantan Tengah, Lampung , Sumatera Utara dan  Bali. Jumlah peserta 2.200 terdiri dari beberapa katagori/kelompok antara lain SD,SMP,SMA dan Mahasiswa, pertandingan  berlansung selama dua hari (16-17) Des 2018.

Dengan prestasi yang di raih Gala Bawafi di akhir tahun ini,  selama sebelas kali mengikuti  kejuaraan lengkaplah sudah tanpa cacat sebelas kali juga mengukir prestasinya. Selalu membawa pulang kemenangan. Itu yang membanggakan SMK KAL-1 Surabaya.

Prestasi yang telah di ukir tersebut antara lain :  Pertandingan pertama  adalah kejuaraan kota seperguruan perisai diri  Juara 1 tanding beregu,  Pertandingan piala KONI Surabaya th 2014, Juara 2 tanding,  Pertandingan kejuaraan provinsi antar perisai diri tahun 2015 Juara 1 kategori kerapihan teknik,  Pertandingan piala Dharma Lautan seleksi Pon remaja th 2016  Juara 3 tanding ,  Kejuaraan Whusu se Jawa dan Bali 2015 Juara 1 tanding ,  Piala Wali kota th 2016 Juara 2 tanding ,  Piala Wali kota tahun 2018 Juara 3 tanding ,  kejuaraan nasional UMS th 2018  Juara 3 tanding ,  kejuaraan Nasional Jakarta Open Tournament JKTC 10 tahun 2018 Juara 1 tanding ,  Kejuaraan provinsi kickboxing th 2018 Juara 1 tanding full contact dan terakhir  Kejuaraan Nasional Open Bandung Lautan Api Championship (BLAC) th 2018 Juara 2 tanding.

Menurut Gala,  “Pencak silat yang selalu di ikuti merupakan   salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan secara menyeluruh, bukan hanya fisik tetapi juga mental bahkan spiritual, didalam pencak silat seorang dilatih untuk adu tanding atau sambung jurus, gerak massal untuk daya tahan fisik, bahkan bukan hanya itu, seorang bisa dilatih juga tentang kepemiminan dan spiritual” paparnya.

Dia juga punya kesan ,  semakin terpacu untuk meningkatkan diri agar mampu bersaing dalam menggapai prestasi . Karena masa muda bagi saya adalah masa emas. Maka dari itu lewat pencak silat saya ingin menyumbangkan medali emas untuk sekolah,  perguruan dan kedua orang tua (dar). .

 

31 SISWA BANGGA JADI PASKIBRA SMK KAL-1

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat memasang topi peserta Diklat Paskibra yang berlangsung di halaman sekolah.

Surabaya,(16/12)

                Selama dua hari 31 Siswa-siswi kelas X SMK KAL-1 melakanakan pendidikan dan latihan ( Diklat) Paskibra yang di laksanakan di sekolah, upacara pembukaan berlangsung Sabtu,(15/12) dengan Inspektur upacara kepala SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd.

                 Kepsek  SMK KAL-1 menyampaikan  harapannya kepada  seluruh peserta diklat , mereka  wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang akan di laksanakan ,  kesemuanya menjadi bekal bagi siswa yang  dalam  keanggotaan pasukan pengibar bendera Paskal-1, dan diharapkan melalui diklat ini  akan lahir generasi muda yang jujur, berani,  bermoral dan berprestasi serta berahklak mulia, mampu menerapkan materi yang telah di terima khususnya  tentang kepemimpinan , PBB, mampu bekerja sama, memiliki jiwa korsa  serta mampu menjadi  contoh  teladan bagi teman-teman di SMK KAK-1.

                 Dengan tema  diklat adalah “Melalui diklat paskibra marilah lita bangun karakter pribadi guna menuju generasi muda yg lebih baik” seluruh peserta akan mendapat tempaan  beberapa desiplin ilmu, antara lain kedesiplinan, kepemimpinan,   pengetahuan teori baris berbaris, tata upacara, pemberian motivasi  serta  pengambilan pangkat paskibra .

                Secara umum pemberian materi secara  detail  di tekankan  pada materi baris berbaris /PBB,  yang meliputi Peraturan Baris Berbaris   ( PBB ), pengertian PBB , pengenalan dan praktek  12 gerakan dasar di tempat, pengenalan &  praktek gerakan berjalan, sikap dalam PBB, pemantapan dan penyempurnaan praktek gerakan PBB

                                Seluruh rangkaian kegiatan diklat tersebut di samping penyampaian materi oleh para pembina ( I. Ketut P,S.Pd.,MM,  Eriko Puguh dan Waang)  juga  115  seniornya  yang selalu  aktif mendampingi  di setiap kegiatan, sehingga antara senior dan yunior terjalin rasa ikatan / kekeluargaan yang sangat kuat.

                Setelah menempuh seluruh materi ,  seluruh siswa  secera simbolis di laksanakan pembaretan yang di laksanakan saat upacara penutupan Minggu,(16/12)oleh Pembina I Ketut P, S.Pd., MM  serla peserta lainnya  pemberetan  dilaksanakan oleh para seniornya dan di saksikan langsung oleh orang tua peserta diklat yang sengaja di hadirkan  pada upacara penutupan diklat Paksibra sekaligus melihat demontrasi Drum Band GS  “GITA ANJARA SAMUDERA”  SMK KAL-1 yang anggotanya kebanyakan dari anggota Paskib.

Mereka  yang baru saja di lantik merasa bangga menjadi anggota Paskibra ( PASKAL-1) , karena melalui  ekstrakurikuler Paskib mereka yakin akan mampu menunjukkan jati diri sesuai yang di harapkan dari almamater serta dapat meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi(dar).

   

Galery  

Please update your Flash Player to view content.
   

Agenda Kegiatan  

Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019


Selamat Tahun Baru 2019


Pelaksanaan USBN 5 - 18 Maret 2019


25 - 28 Maret 2019 Pelaksanaan UNBK


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan USBN dan UNBK 2019