Surabaya,(2/9)

            Di hari kedua ‘Idul Adha 1438 H bertepatan Sabtu,(2/9) SMK KAL-1 Surabaya melaksanakan penyembelihan hewan Qurban 2 ekor sapi di halaman sekolah disaksikan Kepala Sekolah Drs. Burhan, M.Pd beserta seluruh  guru , staf serta beberapa perwakilan  siswa yang gabung dalam Osis.

Penyerahan hewan qurban  secara simbolis oleh Kepsek kepada petugas yang akan menyembelih dihadapan siswa guna memeberikan  pemebelajaran  berqurban sebagaimana   telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikurbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

            Sebagai pembelajaran kepada siswa menurut orang nomor satu di SMK KAL-1 ini bahwa : “siswanya dengan sengaja diberi motifasi  memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, melatih siswa  menjadi seorang  dermawan, menjadikan rizki  barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan  menjadi bekal di hari akhir dan memupuk sikap solidaritas sehingga dalam kehidupan dimana mereka berada menjadi  rukun serta jauh dari sikap tamak.”

 Dasar dari penyembelihan hewan qurban tertuang dalam kitab suci Umat Islam Alqur’an surat Ash shaafaat : 102-107. Yang artinya “ Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata : “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu”Ia menjawab : “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang di perintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. Tatkala keduanya telah berserah  diri  dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya), dan Kami panggillah dia: “ Hai Ibrahim  sesungguhnya kamu telah  membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan  kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak  itu dengan seekor  sembelihan yang besar.”

Dari hasil penyembelihan ke dua ekor sapi tersebut  terkumpul 350 bungkus  @ 0,5 kg daging  di bagikan utamanya  kepada masyarakat sekitar Kodiklatal ( Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL), guru, staf dan siswa SMK KAL-1 dimana kuponnya telah di bagikan  sebelum hari raya ‘Idul Adha 1438 H.

 

Penyerahan daging qurban secara simbolis di sampaikan oleh Kepala SMK KAL-1 kepada perwakilan siswa di saksikan oleh ketua panitia Penyembelihan hewan qurban Sukarno,S.Pd,.M.MT di dampingi para wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan dan humas di halaman sekolah (dar).