Posts from category "Berita"

HARI PERTAMA BERKANTOR,  KEPALA SEKOLAH SMK KAL-1 LAKSANAKAN APEL KHUSUS

Kepala Sekolah SMK KAL-1  Drs Ambar Kristiyanto saat memnberikan pengarahan kepada seluruh siswa pada apel khusus yang dilaksanakan di halaman sekolah.

     Surabaya,(06/11)

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1 ) kini memiliki Kepala Sekolaah baru, Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto  lulusan Perwira Wajib Militer TNI AL tahun 1987 ini menggantikan Letkol Laut (KH) Drs Burhan , M.Pd yang mendapat tugas baru di Koarmada III Sorong Papua, pada kesempatan ini Kepala Sekolah baru langsung mengumpulkan seluruh siswa dan guru di halaman sekolah, (6/11)  guna memberi pembekalan kepada seluruh siswanya

 

Di hadapan  kurang lebih 600 siswa kelas X,XI dan XII, Kepsek SMK KAL-1 memimpin jalannya apel khusus  terutama untuk memperkenalkan diri , serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh siswa yang telah terlibat dalam penyambutan Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah  Ny. Dra Manik Siwi Sukma Adji dalam peresmian operasional SMP Hang Tuah 6 Ecxellnet (5/11) kemarin, dimana siswa SMK KAL-1  hadir dengan tim drum band yang menyuguhkan atraksinya dengan rancak dan apik sehingga mendapat apresiasi dari Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah beserta jajarannya. Perlu diketahui saat ini  ada sekitar 90 siswa kelas XI  yang tidak aktif di sekolah karena sedang melaksanakan PSG (  Pendidikan Sistim Ganda) di perusahaan- perusahaan selama 6 bulan, dan PSG ini wajib bagi seluruh siswa kelas XI di semua jurusan.

 

 SMK KAL-1 , sekolah  yang berdomisili di Kodiklatal  ( Komando  Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut) ini  dalam edufair yang di adakan di SMP Hang Tuah 6  Excellent juga menampilkan  Finger Print door lock, Mesin Printer 3D dan Soccer Cup robo juga mendapat perhatian khusus dari Ketua Pembina YHT   (khususnya Finger Print door lock) yang merupakan  hasil inovasi  dari siswa di kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). 

 

Kepsek memberikan penekanan kepada seluruh siswa , agar mereka siap menghadapi revolusi industri 4.0, dimana revolusi industri 4.0 merupakan  fenomena yang mengkolaborsi teknologi cyber- fisik, internet dan teknologi otomasisai. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan  oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga manusia dalam proses pengaplikasiannya.

 

Disamping itu lulusan paska sarjana Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Pembangunan Unibraw  yang kini memimpin SMK KAL-1  juga “ mewajibkan siswanya untuk  memahami karakter dan soft kompetensi  menghadapi dunia kerja yang akan mereka tempuh nanti serta perlunya dilakukan pemetaan siswa untuk melaksanakan cluster kompetensi pembinaan secara intensif “ pungkasnya.

Turut hadir dalam apel khusus kali ini seluruh wali kelas dari kelas  X,XI dan XII serta para Kaprodi dan para Wakil Kepala Sekolah,  Waka Kurikulum Munawar, S.Pd, Waka Humas Agus Kristanto, Waka Kesiswaan Drs Parman, M.Si (Yht/dar)

HUT SMK KAL-1 KE-58 DI WARNAI DENGAN PERGANTIAN PUCUK PIMPINAN

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat pemotongan kue ulang tahun HUT SMK KAL-1 dan salam komando pejabat lama dan baru SMK KAL-1

Surabaya,(01/11)

“ SMK KAL-1 Membentuk SDM Berkarakter, Disiplin, Jujur, Santun dan Profesional”

Puncak kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun HUT ke-58 SMK KAL-1 dilaksanakan hari  Jum’at (01/11) ,  secara sederhana di halaman sekolah , dimana dilakasanakan pemotongan tumpeng oleh Kepala sekolah SMK KAL-1 SurabayaLetkol Laut (KH)  Drs Burhan, M.Pd di berikan kepada salah satu perwakilan siswa, serta pemotongan kue  ulang tahun   oleh  Sekolah  Kepala di serahkan kepada Istrinya yang secara mengejutkan di hadirkan di sekolah tanpa sepengetahuannya.

Perayaan HUT SMK KAL-1 ke 58 juga di hiasi dengan adanya pameran sepeda moror modifikasi siswa,  beberapa peralatan serta komponen2 hasil karya siswa, ekstra pramuka,  bazar dengan berbagai makanan khas Surabaya, servis sepeda motor  jenis  honda atas kerja sama sekolah dengan dealer  PT Eka Prima Mandiri Kapas Krampung dan MPM Surabaya dengan harga khusus,  kegiatan lain yang tak kalah menariknya adalah penampilan ekstra kurikuler drum band,  dance serta jaranan sebagai ekstra kurikuler yang  keberadaannya termuda di bandingkan dengan ektra kuri kuler lainnya.

Setelah perayaan HUT ke- 58 selesai , dilaksanakan  serah jabatan Kepala Sekolah SMK KAL -1 yang dilaksanakan di Ruang Praktek Siswa yang di hadiri pengurus inti Yayasan Hang Tuah cabang Surabaya, para Kasatdik SMP , SMA dan SMK KAL serta seluruh guru dan staf SMK KAL-1.   

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs SD. Seputra ,S.K.M.,M.M. memimpin upacara serah terima jabatan  Kepala Satuan Pendidikan ( Kasatdik) SMK KAL-1 di Ruang Praktek Siswa / RPS Jum’at (01/11). Dimana sebelumnnya telah di laksanakan pembacaan memorandum serah terima jabatan  SMK KAL-1.

Jabatan Kasatdik/ Kepala Sekolah SMK KAL-1  diserah terimakan dari Letkol Laut (KH) Drs Burhan , M.Pd  kepada Letkol Laut (KH)  Drs Ambar Kristiyanto, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandyakermadik Sban 1 Rendik Ditdikalt Kodiklatal , Sedangkan Letkol  Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd selanjutnya  akan menempati jabatan baru sebagai Pabandalpers Pangkoarmada III di Sorong Papua.

Secara khusus  Letkol Laut (KH) Burhan M.Pd melaporkan kepada Kapeng YHT atas beberapa prestasi yang telah di raihnya  selama menjabat kepala sekolah sejak Februari 2017 hingga Oktober 2019  baik prestasi akademik siswa, pembangunan fisik sekolah serta yang terpenting adalah pembangunan karaker siswa denhgan motto  yang tidak asing lagi, “ Membentuk SDM    Berkarakter, Disiplin, Jujur, Santun dan Profesional ” tuturnya.

 

Sementara itu Kepala Sekolah SMK KAL-1 yang baru Letkol Laut (KH) Drs Ambar  Kristiyanto, M.Si mengharapkan kepada seluruh guru yang merupakan arsitek-arsitek terdepan dalam mencerdaskan anak-anak  bangsa ,  agar selalu bersungguh-sungguh , dalam menjalankan tugasnya karena kedepan tantangan akan semakin berat.

Sebagai pamungkas rangkaian sertijab seluruh peserta yang hadir secara serius mendengarkan pengarahan dari orang nomor wakhid di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, menurutnya pergantian jabatan Kasatdik SMK KAL-1 adalah suatu bentuk kaderisasi konkrit bagi generasi penerus guna memberikan kesempatan dan peluang untuk mengembangkan kepemimpinan, kemampuan dan kreaktifitas sekaligus mewujudkan organisasi yang lebih segar, sehat dan dinamis serta  kehadiran kasatdik yang baru diharapkan akan membawa kemajuan bagi Yayasan Hang Tuah(YHT/dar).

SMK KAL-1 SUKSES REBUT GELAR JUARA 1 “JEMBER DRAGON BOAT FESTIVAL BUPATI CUP 2019”

Atlit dayung SMK KAL-1 Surabaya saat menerima tropy kejuaraan dayung Bupati Jember tahu 2019

Surabaya,(28/10)

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) Surabaya sukses merebut juara pertama dalam rangka lomba dayung Nasioanal “ Jember Dragon Boad Festival Bupati Cup 2019” yang berlangsung 26-27 Oktober 2019 di Pantai Payangan ( Teluk Love) Jember Jawa Timur. Penyerahan hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar 15 Juta tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Potensi Maritim  Lantamal V Surabaya Letkol Laut (T) Bagus Ariyanto A.Md., S.T kepada perwakilan  Tim Dayung SMK KAL-1 Fadhil Arif.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd secara simbolis menerima Tropy  Kejuaraan dan dana pembinaan 15 juta rupiah (28/10) yang di serahkan oleh Tim Dayung kebanggan sekolah yang telah berhasil menorehkan sejarah, keluar sebagai juara pertama  kelompok perahu naga dengan 10 pendayung 250 meter putra dengan menyisihkan lawan-lawannya. Kepsek setelah menerima dana pembinaan tersebut kemudian di serahkan kembali kepada ketua Tim untuk di gunakan bersama-sama tim dayung dalam rangka latihan setiap harinya.

Tim dayung SMK KAL-1 Surabaya menerjunkan beberapa siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler dayung , terdiri dari kelas XII dan XI  antara lain ( Airlangga,  Wahyu, Danang, Agus, Rico, Krisna, Ramanda, Moeklis, Candra, Rahmat, Taufik, Angga, Fadhil, Umar dan Dimas dengan Pembina Ali Amra dan pelatih  Suwarto bintara TNI AL dari Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan  Laut (Kodiklatal).

Festival dayung  tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Jember itu memperebutkan piala Bupati Jember dengan total hadiah sebesar 160 juta diikuti oleh kontingen dari berbagai daerah antara lain Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Cilacap, Purwakarta, Jakarta dan Jember dengan beberapa katagori yang dilombakan yakni perahu naga 10 pedayung umum putera jarak 500 meter, perahu naga 10 pedayung pelajar putera jarak 250 meter dan perahu karet 7 pedayung umum putera jarak 250 meter dengan masing-masing menggunakan stik dayung lokal.

Tim dayung SMK KAL-1  mampu menyisihkan lawan-lawannya  yang sudah punya nama anatra lain Podsi Surabaya,  Gajah Mada.  Berhasil keluar sebagai pemenang dalam Festival dayung Jember Dragon Boad Bupati Cup 2019 kelas 250 meter pelajar putra antara lain, sebagai juara 1 SMK KAL-1 Surabaya, juara 2 tim Gajah Mada Purwakarta, juara 3 SMK KAL 2 B, harapan 1 SMA Cendikia, harapan 2 SMK Tamtama Kroya Cilacap dan harapan 3 Podsi Surabaya (YHT/dar).

 

KEPALA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK KAL-1 BERGANTI

Kepala Sekolah SMK KAL-1 foto bersama Kaprog TITL, Kabeng dan mantan Kaprog TITL  di RPS.

Surabaya,(28/10)

Sekolah Menengah Kejuruan  Khusus Angkatan Laut /SMK KAL-1 Surabaya, Senin( 28/10) melaksanakan pergantian Kepala Progran Teknik Instalasi Tenaga Listrik  ( Kaprog TITL) dan Kepala Bengkel (Kabeng TITL), serah terima dua jabatan ini di laksanakan di Ruang Praktek Siswa/ RPS dalam sebuah upacara dengan Inspektur upacara Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Burhan, M.Pd

Kaprog TITL sebelumnya dijabat oleh Drs Budi Wiyono Slamet diserahkan kepada penggantinya Ria Banowati,ST dimana sebelumnya menjabat sebagai kabeng/ kepala bengkel TITL, sedangkan kepala bengkel yang baru diserah terimakan kepada Supriyono ST yang sebelumnya sebagai guru mapel   di TITL

Upacara serah terima  ke dua jabatan tersebut di awalai dengan penanda tangananan  naskah serah terima jabatan   di hadiri oleh seluruh manajemen sekolah, terutama para wakil kepala sekolah, guru tetap , staf yang tidak ada kegiatan belajar- mengajar di kelas/ di bengkel pada waktu terebut.

Kepsek SMK KAL-1 dalam amanatnya menyebutkan bahwa, pergantian ke dua jabatan ini merupakan hal yang wajar dalam suatu instansi/ organisasi sebagai wujud penyegaran dan regenerasi sera menggambarkan  adanya kedinamisan dalam pembinaan personil, serta memberi jalan dalam pengembangan karier seseorang. Harapan selanjutnya   akan  mewujudkan apa yang sudah menjadi kebijakan pemimpin, khususnya dalam pencapaian kuota PPDB di tahun yang akan datang.

Sosok  Budi Wiyono adalah alumni dari SMK KAL-1 yang sudah mengabdikan dirinya kurang lebih 35 tahun, mulai dari guru mapel di kejuruan TITL, merangkak naik menjadi Kabeng dan terakhir menjadi Kaprog cukup lama,  dia memiliki sosok seorag guru yang patut di teladani, sangat disiplin, tegas dan bijaksana sehingga sangat di segani oleh seluruh siswa maupun guru khususnya di kejuruan TITL.

Sementara Ria Banowati  dan Supriyono merupakan hasil kaderisasi dan sudah di siapkan jauh hari oleh mantan Kaprog ini, jadi ke depan tentunya tidak ada keraguan di kejuruan TITL tentu akan berjalan sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya, dan karena masih muda tentu saja akan membawa corak baru dalam peningkatan  kompetensi siswanya.

Di akhir serah terima jabatan ini di laksanakan pemberian cindera mata dari Kepala Sekolah  dan Kaprog TITL yang baru kepada  Budi Wiyono Slamet di saksikan oleh seluruh peserta uapacara (YHT/dar).

 

50 Siswa SMK KAL-1 Bersama TNI-Polri Tanam Mangrove di Romokalisari

Siswa  SMK KAL-1  turut menanam mangrove dalam rangka HUT TNI tahun 2019 di pantai Romokalisari Surabaya.

Surabaya,(07/10).

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya  terlibat langsung dalam kegiatan penanaman mangrove bersama unsur TNI- Polri dari jajaran Kogartab III Surabaya, Penanaman mangrove tersebut dalam rangka pemecahan rekor muri memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-74 tahun 2019.

Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Burhan, M.Pd., sengaja memberangkatkan siswanya kelas XI sebanyak 50 siswa guna memenuhi undangan panitia. Selama ini untuk kegiatan penanaman mangrove siswa SMK KAL-1 selalu turut serta baik penyelenggaranya dari Armada II, Kodiklatal maupun Lantamal V.

Rekor Muri penanaman mangrove dalam rangka HUT TNI ke 74 tahun 2019 mengambil ini mengambil tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu kita” dengan menanam 300.074 Pohon Mangrove yang dilaksanakan secara serentak di 74 titik dari Sabang sampai Merauke yang dipimpin langsung Panglima TNI beserta Ibu, kegiatan tersebut dipusatkan di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur menanam 60.301 pohon yang terbagi dalam tiga titik. Ketiga titik tersebut adalah TPI Romokalisari, Pulau Galang dan Teluk Lamong yang keduanya berada di Kabupaten Gresik.

Adapun tujuan dilaksanakannya penanaman pohon mangrove serentak tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Pangarlima Koarmada II mengajak kesediaan para siswa yang hadir untuk bersama-sama TNI melaksanakan penanaman Mangrove di Romokalisari serta memimpin yel-yel guna memberikan semangat kepada peserta.

Menurut Panglima Armada II dalam sambutannya menyampaikan bahwa, bahwa penanaman mangrove sangat banyak gunanya. Dari sisi ekonomi mangrove mampu menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dana menghasilkan buah/biji yang dapat digunakan untuk berbagai makanan dan minuman, kulit dan batangnya dapat sebagai bahan pewarna batik. Juga memiliki potensi sebagai obyek wisata.

Ekosistem mangrove sangat penting di kawasan pesisir. Karena dapat mencegah abrasi dan erosi, serta dapat mengurangi pemanasan global sekaligus menjaga kualitas air dan udara yang bersih.

Keberadaan lahan mangrove juga memegang peranan dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dengan kemampuan menyimpan karbon 3-5 kali lebih banyak dari pohon tropis.

Hadir dalam pemecahan rekor Muri penanaman mangrove tersebut para pejabat Forkopimda Jawa Timur diantaranya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada II, Dan Kodiklatal, Gubernur AAL, Wakapolda Jatim, Kasgartap III Surabaya, Komandan Lantamal V Surabaya, Wadan STTAL serta perwakilan dari masyarakat, pelajar, karang taruna dan organisasi Kepramukaan.

(YHT/dar).

 

SISWA SMK KAL-1 TINJAU PERUSAHAAN COCA COLA

Siswa SMK KAL-1 saat menerima pengarahan dari  Corporate Affairs Executive Coca Cola

 Surabaya, (30/10)

            163 Siswa Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut / SMK KAL-1 Surabaya dari Jurusan TAV ( Teknik Audio Video ) , TPM ( Teknik Pemesinan) dan TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) kelas XI Selasa ,(29/10) melaksanakan kunjungan kerja ke PT Coca Cola Amatil Indonesia yang berlokasi Pandaan Jawa Timur di pimpin langsung oleh Wakil Kepala sekolah Bidang  Kesiswaan Drs Parman, M.Si.

Kunjungan siswa SMK KAL-1 Surabaya di Perusahaan Coca-Cola Amatil Indonesia  sebagain produk minuman, di terima oleh Putra selaku Corporate Affairs Executive . Dalam kesematan tersebut seluruh siswa mendapat penjelasan tentang hal ichwal perusahaan, mulai dari proses penyediaan bahan hingga  hasil produk berupa kemasan dalam botol yang siap di perdagangkan.

Selama kunjungan siswa  selain di dampingi oleh Waka Kesiswaan , juga di dampingi  Waka Humas  Agus Kristanto, ST, Kepala Program Kejuruan (Kaprog) TITL Ria Banowati,ST serta 12 guru mapel di kejuruan TAV, TITL dan TPM.

Menurut Kepala Sekolah SMK KAL -1  Letkol Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd yang sudah dua tahun memimpin sekolah ini, pelaksanaan KTS ( Kegiatan Tengah Semester) merupakan kesempatan siswa untuk menimba ilmu di luar sekolah / kelas, diperusahaan yang mereka kunjungi sarat dengan teknologi modern, sehingga siswa dapat menggali  ilmu pengetahuan dan menyerap teknologi yang ada di perusahaan tersebut. Dengan KTS ini diharapan siswa termotivasi untuk mengembangkan diri menuju teknologi sesuai dengan perkembangan yang ada.

Di Perusahaan Coca Cola siswa secara langsung melihat dari dekat proses produksi minuman, Guide pun selalu menjelaskan kepada siswa di setiap bagian yang mereka kunjungi, beberapa pertanyaan pun keluar dari siswa, mereka tidak segan-segan menayakan proses produksi sehinggaa siap untuk konsumen. Tentu saja banyak pertanyaan dari mereka, karena setelah selesai kunjunganpun siswa wajib membuat Karya Tulis tentang Studi Industri yang di laksanakan.

Pada pelaksanaan kunjungan tersebut juga di laksanakan pemberian cindera mata dari SMK KAL-1, dalam hal ini diserahkan oleh ketua rombongan/ Waka kesiswaan yang diterima  oleh pihak perusahaan / diwakili oleh Putra selaku Corporate Affairs Executive (YHT/dar).

SMK KAL 1 LAHIRKAN PENGURUS OSIS BARU

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat menyematkan tanda ketua osis tahun pelajaran 2019/2020

Mojokerto, (25/9) Setelah melaksanakan acara inti latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) di Pacet Mojokerto Jawa Timur, para siswa SMK KAL-1 melaksanakan program pemilihan  Ketua Osis ,  terpilih sebagai Ketua Osis Petrasesus Gutres Tarigan dari Jurusan (TPM- B) Teknik Pemesinan  melalui pemilihan secara demokratis dengan melibatkan selurus siswa (167) siswa kelas X  tahun pelajaran 2019/2020.

Pemilihan Ketua Osis yang di pandu oleh pembina osis I Ketut Pastika, S.Pd., Msi diawali dengan paparan visi dan misi  para kandidat calon yang terdiri dari 7 siswa yang sudah terpilih  sebelumnya.

Setelah  mendengarkan visi dan misi tersebut baru dilaksanakan pemiihan secara tertutup. Dari hasil pemilihan tersebut sebagai keluar sebagai wakil osis jatuh kepada  Vicentius Vivaldi Lami jurusan Gope jurusan (TPM-B), sekertaris  terpilih Sharly Nurul Barokah jurusan (TAV) dan bendahara terpilih Arum Lestari jurusan (TAV).

Pada malam hari setelah melaksanakan berbagaikegiatan yang melelahkan , dilaksanakan hiburan malam,membangun kebersamaan dengan riang ria. Acara untuk saling mengakrabkan satu sama lain ini bermaksud untuk merekatkan kembali kearaban antara senior dan junior yang selama dua hari belakangan sempat merenggang karena proses LDKS.

"Acara ini tujuannya untuk mencairkan suasana yang selama 2 hari menegang. Karena selama proses LDKS, para senior biasanya marah-marah sama juniornya, dengan acara ini semoga keakraban yang tadinya terjalin bisa kembali erat seperti sediakala, bahkan lebih akrab lagi dari sebelumnya," ujar Kepsek SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Burhan , M.Pd, Jum’at (27/9) sebelum melaksanakan upacara peresmian pengukuhan  Ketua Osis  bterpilihbeserta jajarannya dalam sebuah upacara yang berlangsung dan diikuti oleh seluruh manajemen, guru dan staf SMK KAL-1 yang ikut mendampingi selama kegiatan  LDKS.

"Saat di dalam suasana hiburan malam dengan nyanyi yang di ringi electone, semua suasana mencair. Tidak ada lagi gep antara peserta dan panitia seperti sebelumnya, itu yang kami harapkan, persoalan emosi yang ada di antara mereka harus dituntaskan, jangan sampai terbawa pulang ke Surabaya, karena akan jadi persoalan besar jika persoalan perasaan itu tidak selesai”  Luar bisa mereka,  kompak dan bersatu dalam menatap seluruh kegiatan di sekolah  yang akan datang (YHT/dar).

JAGA KONDISI KESEHATAN SISWA, SMK KAL-1 LAKSANAKAN SKRINING GRATIS

Tim keehatan dari Puskesmas Morokrembangan saat melaksanakan pemeriksaan jesehatan siswa SMK KAL-1

Surabaya,(18/9)

Masalah kesehatan adalah masalah kita semua, selagi  di  sekolah kesehatan peserta didik merupakan tanggung jawab  sekolah. Untuk itu Rabu (18/9) bertempat di Ruang Rapat Siswa (RPS) SMK KAL-1 Surabaya  berlangsung  pemberian materi kesehatan kepada 167 peserta didik kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR 74 siswa ), Jurusan Teknik  Audio Vedio ( TAV 18  siswa), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL 26siswa ), Teknik Pemesinan  ( TPM 50 siswa ) oleh Tim Kesehatan  dari  UPTD Puskesmas Morokrembangan Surabaya yang di pimpin langsung oleh dr Diah Roichan Arifin, M. Kes beserta 6  orang lainnya yang kompeten di bidang kesehatan ( Presty Yuli M, Amd, Kep,  Jeanry Hetharia, A.Md. Keb Gi,  Devis Tamtia, A.Md.Kl,  Ani Masito, S.K.M,  Hilda Nadia N, S. Psi dan Yudhistira Razak.

 

Penyuluhan kesehatan ini dimaksudkan memberi pemahaman cara mencegah terinfeksi virus HIV AIDS wilayah sekolah sehingga para siswa  dan guru mengetahui betul bagaimana penularan dan pencegahannya, pencegahan tidak berhubungan sex sebelum menikah, tdk freesex, tidak penasun (pemakai napza suntik), tdk kontak dengan cairan tubuh penderita : darah, mani, lendir vagina, cairan tubuh yang keluar darir penderita, jadi siswa  diharapkan kalau menolong penderita atau menolong  siapapun yg terluka harus menggunakan handscone agar terhindar serta  dapat mencegah terinfeksinya virus ini, penularan tidak dari gigitan nyamuk, pakaian yang bergantian, makan ditempat yang sama dengan penderita, wc umum, serumah dengan penderita, jadi para siswa faham tentang bagaimana pencegahan dan penularannya.

 

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut -1  ( SMK KAL-1) Letkol Laut (KH) Drs. Burhan , M.Pd mengharapkan kepada seluruh  siswa kelas X semua jurusan ( TKR, TPM, TITL dan TAV) agar mengikuti pelaksanaan screening dengan seksama , karena  kesehatan merupakan kebutuhan yang urgen, “ tanpa kesehatan  yang baik, siswa tidak akan sukses dalam  menuntut ilmu di sekolahnya” tuturnya.

 

Pemberian materi kesehatan kepada peserta didik SMK KAL-1 tersebut  berlangsung singkat, kemudian di lanjutkan screning/ penjaringan  kesehatan kepada seluruh peserta didik yang hadir dalam  kegiatan tersebut. Penjaringan kesehatan peserta didik  SMK KAL-1  di tangani oleh dokter dari UPTD Puskesmas Morokrembangan  merupakan tindak lanjut dari kerja sama  seperti di tahun- tahun sebelumnya. Dimana dokter dari Puskesmas tersebut  melakukan cek kesehatan dini kepada para peserta didik. Tim Medis yang datang melakukan cek satu persatu kondisinya, kemudian memberikan kesimpulan secara global kondisi kesehatan peserta didik. Dokter memberikan penjelasan potensi penyakit apa yang mungkin akan diderita oleh masing-masing peserta didik , sehingga bisa dilakukan pencegahan secara dini.

 

Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap peserta didik kelas X SMK KAL-1 dilakukan oleh suatu Tim Penjaringan Kesehatan dibawah koordinasi dokter Puskesmas. Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan/ para medis. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS. Idealnya rangkaian tersebut seharusnya dilaksanakan seluruhnya, namun dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi  sekolah setempat.

 

Pengisian kuesioner oleh peserta didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.

 

Secara umum, tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius pada semua siswa. Hanya ada beberapa masalah kecil, misalnya tidak memakai kacamata padahal menderita mata minus/ mata plus, kurang menjaga kebersihan tangan dan mulut , terdapat panu, gigi berlubang , telinga kotor karena tidak pernah di bersihkan dll. Setidaknya dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih perhatian terhadap kesehatan diri sendiri dan tahu punya potensi penyakit yang berbahaya atau tidak. Dari  hasil penjaringan dokter dari Puskesmas Morokrembangan  menemukan bahwa ada beberapa siswa yang harus mendapat perawatan  kesehatan di puskesmas karena ada indikasi penyakit ringan yang harus  segera di tangani sebelum mebahayakan diri.

 

Mengakhiri kegiatan di SMK KAL-1, tim UPTD Puskesmas Morokrembangan juga melihat kondisi seluruh fasilitas sekolah yang di miliki sekolah ini mulai dari Kebersihan Kamar mandi, Kebersihan Kantin, Kebersihan Ruang Perpustakaan dan pencahayaannya, Kebersihan dan fasilitas dalam kelas, kebersihan Fasilitas  Laburatorium Komputer, senitasi dan  tempatibadah / masjid (YHT/dar).

 

BERKAH HUT KEMERDEKAAN RI KE-74 , SMK KAL-1 GUNAKAN SERAGAM BARU

Surabaya,(17/8)

SMK KAL-1 Surabaya  memiliki wajah baru, seluruh siswa kelas X, XI dan XII telah menggunakan seragam yang sama dengan celana abu-abu , baju putih ber impolet dan berbaret biru  dalam  sebuah upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 yang berlangsung dihalaman sekolah Sabtu, (17/8).

 

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan  RI KE-74 di awali dengan laporan komandan upacara Muhammad Lutfi  siswa kelas XII TITL ( Teknik Instalasi Tenaga Listrik) di lanjutkan pemeriksaan  pasukan oleh Inspektur upacara ( Waka Humas Agus Kristanto,ST )  mewakili Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs.  Burhan , M.Pd.

 

Kemudian dilaksanakan penaikan bendera  oleh siswa PASKAL- 1 ( Paskibra SMK KAL-1) yang terdiri dari kelas XI dan XII. Sebagaimana keseharian tugas-tugas dalam setiap kegiatan sekolah selalu Paskal-1 ikut berperan aktif bersama Osis. Mereka yang tergabung dalam pengurus  Osis dan Paskal-1 menjadi tulang punggung kegiatan siswa di sekolah.

 

Kepala Sekolah SMK KAL-1 dalam amanatnya yang di bacakan Irup mengharapkan kepada seluruh siswa  , guru dan staf untuk lebih meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa,  lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa  dan negara, lebih  mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

 

“Kemerdekaan  sebagai warisan para pahlawan kita,   hendaknya diisi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.  Jiwa semangat ’45 merupakan jiwa yang mendahulukan  kepentingan bersama di atas kepentingan  golongan “ pungkasnya.

 

 Seusai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74  Inspektur upacara  secara simbolik meresmikan penggunaan seragam sekolah  dengan memasang Impolet dan penyematan baret kepada perwakilan siswa dari masing-masing jurusan ( TKR, TPM, TAV dan TITL).

 

 Kelas X yang baru saja menjadi murid baru dalam beberapa minggu masuk menjadi siswa baru belum mengenakan seragan tersebut. Seragam secara resmi baru di pakai mulai (17/8) di saat memperingati hari Kemerdekaan RI ke-74

 

Dalam kesempatan terakhirnya Pemimpin upacara menyerahkan beberapa hadiah kepada para pemenang lomba yang sudah di laksanakan (15-16 Agustus) antara lain lomba  story telling, lomba mancing, lomba futsal, lomba kebersihan kelas, lomba modif sepeda motor, lomba karaoke  , karnaval dan lomba Soccer Robot Cup 2019 (YHT/dar).

 

 

“ SOCCER CUP ROBOT 2019 ” SMK KAL-1 SEMARAKKAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat melepas keberangkatan siswa dalam karnaval memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019.

Surabaya,(16/8)                  

            Puncak kegiatan  berbagai lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74 SMK KAL-1 dilaksanakan Karnaval (16/8) dengan peserta seluruh siswa , guru dan staf yang dilepas keberangkatannya oleh Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Burhan, M.Pd di halaman sekolah.

 

            Karnaval berlangsung  dengan jarak tempuh 4 Km di mulai dari sekolah  keluar komplek Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut  ( Kodiklatal) hingga  perumahan  di sepanjang  jalan  Ikan Musing dan Ikan Sepat .

 

Ketua panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 I Ketut Pastika, S.Pd mengungkapkan bahwa berbagai lomba di kemas dalam kegiatan ini antara lain lomba mancing, kebersihann kelas, story  telling,  futsal, soccer robot, karaoke, banjara , sepeda motor modif digelar selama dua hari (15-16) Agustus.

 

 Yang menarik dalam berbagai lomba adalah Soccer Robot,  turnamen Sepakbola Robot ( SOCCER ROBOT) untuk kelas XI   jurusan Teknik Audio Video.  Soccer robot di ikuti 8 tim masing-masing tim terdiri dari 2 robot/ dua siswa .

 

            Kegiatan ini di kalangan siswa TAV lebih dikenal dengan sebutan  “SOCCER CUP ROBOT 2019”  merupakan ide dari seluruh guru Kompetensi / keahlian Teknik Audio Vedio yang di pimpin langsung oleh Kaprodi TAV Karno Setyo Budi, S.Pd., M.M. Sedangkan untuk siswa kelas XII TAV  melaksanakan lomba Robot Sumo di ikuti 8 kelompkok dimana tiap-tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.

 

            Tujuan diselenggarakan  TAV CYBER CUP  ini tentunya untuk menumbuhkan inovasi siswa dan mengembangkan teknologi  yang mereka dapat di bangku sekolah, dengan demikian siswa dapat berkarya secara nyata yang di aplikasikan dari pelajaran elektronika dengan menjadikan robot sebagai temanya .

 

            Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd memberi support dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini, segenap managemen sekolah  merasa bangga atas karya siswanya yang merupakan peningkatan hasil  kompetensi /  keahlian  TAV.( Teknik Audio Video).

Azriel kelas XI TAV salah satu peserta lomba soccer robot yang menjadi  best desain  merinci bahwa robot yang mereka desain terdiri dari beberapa komponen , antara lain, Arduino  mini, motor DC, Push button, baterai, relay 6 volt, transistor, resistor, diode, roda, akrilik, kabel , Bluetooth RC Car (adalah aplikasi HP android yang digunakan untuk remote control robot.

 

 Setelah di rangkai robot ini bisa di kendalikan secara manual dengan menggunakan remote yang tersambung langsung dengan robot), Robot menggunakan IC sebagai komponen utama yang mampu menggerakkan roda baik secara  maju, mundur, belok ke kanan/kiri, serta memiliki  kecepatan yang bergantung kepada kualitas motor penggerak dan desain robot. Salah satu peserta mengkalkulasi bahwa untuk pembuatan 1 robot diperlukan kira-kira dana Rp.150.000 dan ini di tanggung oleh siswa peserta lomba dan  kesemua peserta / pembuatan robot yang mengikuti lomba  dapat subsidi dari sekolah.

 

Dari hasil lomba tersebut keluar sebagai juara  pertama Soccer Robot  diraih  kelompok 2 dan kelompok 4 . Kelompok 2 : ( Lambang, Azriel, Anggi, Faturochim, Abrial ), Kelompok 4 : ( Krestiyan, Aji, Divando, Dinda, Sasa ). Sedangkan juara ke dua di raih oleh :   kelompok 1 dan kelompok 5. Kelompok 1: ( Faisal, Rendi Adam, Putri, Riski, Andriansyah), Kelompok 5 :  ( Ferdiansyah, Sholeh, Gylbran, Zamzam, Ivena ).  Robot Sumo kelas XII TAV,  keluar sebagai pemenangnya adalah kelompok 4 terdiri dari  Heriyanto, ,Machfudd, Dhivanto, Andhika dan Kevin.

 

Turut aktif berperan dalam keberhasilan penyelenggaraan Soccer Robot 2019,  seluruh guru yang mengajar di kejuruan Teknik Audio Video, Hadi suyanto, ST, Yohan Rukamana Putra Marjanto, ST, Dadang Setyono, S.Pd. Mereka inilah yang selalu mendampingi siswa dalam pembelajaran sehari-hari.

 

Kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 juga melibatkan peran aktif seluruh pengurus OSIS SMK KAL-1, hasil lomba yang telah dilaksanakan selama dua hari adalah sebagai berikut :  Juara   Lomba Futsal antar Kompetensi/ keahlian. Keluar sebagai juara pertama futsal  dari XII TKR ( Teknik Kendaraan Ringan), Juara ke dua XI TPM, Juara ke tiga X TITL. Hasil lomba story telling, keluar sebagai juara1, dan 2 masing-masing  Ni Putu Aliyah Salsabela kelas XI TAV dan  Ni Putu  Anggun kelas XII TAV, Lomba mincing hanya juara 1 saja atas nama   M. Hendri kelas XI TITL. Lomba karaoke , juara 1 Yusuf Eko kelas  XII TPM – B serta lomba sepeda motor modif keluar sebagai juara 1 M.  Iqbal Maulana kelas X TKR – C.

 

Ajang bergengsi lainnya adalah  lomba kebersihan antar kelas, dari kelas X, XI dan XII ( 21 Kelas) bersaing / lomba secara sehat kebersihan lingkungan kelas dengan hasil juara pertama kelas XI TPM- A.

 

Dalam keempatan kali ini juga di perkenalkan  Jaranan sebagaai  ekstrakurikuler baru di SMK KAL-1 oleh kepala Sekolah sekaligus memperkenalkan   Slamet, S.Pd sebagai pembinanya (YHT/dar).

   

Galery  

Please update your Flash Player to view content.
   

Agenda Kegiatan  

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas