Posts from 2019-08-20

BERKAH HUT KEMERDEKAAN RI KE-74 , SMK KAL-1 GUNAKAN SERAGAM BARU

Surabaya,(17/8)

SMK KAL-1 Surabaya  memiliki wajah baru, seluruh siswa kelas X, XI dan XII telah menggunakan seragam yang sama dengan celana abu-abu , baju putih ber impolet dan berbaret biru  dalam  sebuah upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 yang berlangsung dihalaman sekolah Sabtu, (17/8).

 

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan  RI KE-74 di awali dengan laporan komandan upacara Muhammad Lutfi  siswa kelas XII TITL ( Teknik Instalasi Tenaga Listrik) di lanjutkan pemeriksaan  pasukan oleh Inspektur upacara ( Waka Humas Agus Kristanto,ST )  mewakili Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs.  Burhan , M.Pd.

 

Kemudian dilaksanakan penaikan bendera  oleh siswa PASKAL- 1 ( Paskibra SMK KAL-1) yang terdiri dari kelas XI dan XII. Sebagaimana keseharian tugas-tugas dalam setiap kegiatan sekolah selalu Paskal-1 ikut berperan aktif bersama Osis. Mereka yang tergabung dalam pengurus  Osis dan Paskal-1 menjadi tulang punggung kegiatan siswa di sekolah.

 

Kepala Sekolah SMK KAL-1 dalam amanatnya yang di bacakan Irup mengharapkan kepada seluruh siswa  , guru dan staf untuk lebih meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa,  lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa  dan negara, lebih  mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

 

“Kemerdekaan  sebagai warisan para pahlawan kita,   hendaknya diisi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.  Jiwa semangat ’45 merupakan jiwa yang mendahulukan  kepentingan bersama di atas kepentingan  golongan “ pungkasnya.

 

 Seusai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74  Inspektur upacara  secara simbolik meresmikan penggunaan seragam sekolah  dengan memasang Impolet dan penyematan baret kepada perwakilan siswa dari masing-masing jurusan ( TKR, TPM, TAV dan TITL).

 

 Kelas X yang baru saja menjadi murid baru dalam beberapa minggu masuk menjadi siswa baru belum mengenakan seragan tersebut. Seragam secara resmi baru di pakai mulai (17/8) di saat memperingati hari Kemerdekaan RI ke-74

 

Dalam kesempatan terakhirnya Pemimpin upacara menyerahkan beberapa hadiah kepada para pemenang lomba yang sudah di laksanakan (15-16 Agustus) antara lain lomba  story telling, lomba mancing, lomba futsal, lomba kebersihan kelas, lomba modif sepeda motor, lomba karaoke  , karnaval dan lomba Soccer Robot Cup 2019 (YHT/dar).

 

 

“ SOCCER CUP ROBOT 2019 ” SMK KAL-1 SEMARAKKAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat melepas keberangkatan siswa dalam karnaval memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019.

Surabaya,(16/8)                  

            Puncak kegiatan  berbagai lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74 SMK KAL-1 dilaksanakan Karnaval (16/8) dengan peserta seluruh siswa , guru dan staf yang dilepas keberangkatannya oleh Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Burhan, M.Pd di halaman sekolah.

 

            Karnaval berlangsung  dengan jarak tempuh 4 Km di mulai dari sekolah  keluar komplek Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut  ( Kodiklatal) hingga  perumahan  di sepanjang  jalan  Ikan Musing dan Ikan Sepat .

 

Ketua panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 I Ketut Pastika, S.Pd mengungkapkan bahwa berbagai lomba di kemas dalam kegiatan ini antara lain lomba mancing, kebersihann kelas, story  telling,  futsal, soccer robot, karaoke, banjara , sepeda motor modif digelar selama dua hari (15-16) Agustus.

 

 Yang menarik dalam berbagai lomba adalah Soccer Robot,  turnamen Sepakbola Robot ( SOCCER ROBOT) untuk kelas XI   jurusan Teknik Audio Video.  Soccer robot di ikuti 8 tim masing-masing tim terdiri dari 2 robot/ dua siswa .

 

            Kegiatan ini di kalangan siswa TAV lebih dikenal dengan sebutan  “SOCCER CUP ROBOT 2019”  merupakan ide dari seluruh guru Kompetensi / keahlian Teknik Audio Vedio yang di pimpin langsung oleh Kaprodi TAV Karno Setyo Budi, S.Pd., M.M. Sedangkan untuk siswa kelas XII TAV  melaksanakan lomba Robot Sumo di ikuti 8 kelompkok dimana tiap-tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.

 

            Tujuan diselenggarakan  TAV CYBER CUP  ini tentunya untuk menumbuhkan inovasi siswa dan mengembangkan teknologi  yang mereka dapat di bangku sekolah, dengan demikian siswa dapat berkarya secara nyata yang di aplikasikan dari pelajaran elektronika dengan menjadikan robot sebagai temanya .

 

            Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd memberi support dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini, segenap managemen sekolah  merasa bangga atas karya siswanya yang merupakan peningkatan hasil  kompetensi /  keahlian  TAV.( Teknik Audio Video).

Azriel kelas XI TAV salah satu peserta lomba soccer robot yang menjadi  best desain  merinci bahwa robot yang mereka desain terdiri dari beberapa komponen , antara lain, Arduino  mini, motor DC, Push button, baterai, relay 6 volt, transistor, resistor, diode, roda, akrilik, kabel , Bluetooth RC Car (adalah aplikasi HP android yang digunakan untuk remote control robot.

 

 Setelah di rangkai robot ini bisa di kendalikan secara manual dengan menggunakan remote yang tersambung langsung dengan robot), Robot menggunakan IC sebagai komponen utama yang mampu menggerakkan roda baik secara  maju, mundur, belok ke kanan/kiri, serta memiliki  kecepatan yang bergantung kepada kualitas motor penggerak dan desain robot. Salah satu peserta mengkalkulasi bahwa untuk pembuatan 1 robot diperlukan kira-kira dana Rp.150.000 dan ini di tanggung oleh siswa peserta lomba dan  kesemua peserta / pembuatan robot yang mengikuti lomba  dapat subsidi dari sekolah.

 

Dari hasil lomba tersebut keluar sebagai juara  pertama Soccer Robot  diraih  kelompok 2 dan kelompok 4 . Kelompok 2 : ( Lambang, Azriel, Anggi, Faturochim, Abrial ), Kelompok 4 : ( Krestiyan, Aji, Divando, Dinda, Sasa ). Sedangkan juara ke dua di raih oleh :   kelompok 1 dan kelompok 5. Kelompok 1: ( Faisal, Rendi Adam, Putri, Riski, Andriansyah), Kelompok 5 :  ( Ferdiansyah, Sholeh, Gylbran, Zamzam, Ivena ).  Robot Sumo kelas XII TAV,  keluar sebagai pemenangnya adalah kelompok 4 terdiri dari  Heriyanto, ,Machfudd, Dhivanto, Andhika dan Kevin.

 

Turut aktif berperan dalam keberhasilan penyelenggaraan Soccer Robot 2019,  seluruh guru yang mengajar di kejuruan Teknik Audio Video, Hadi suyanto, ST, Yohan Rukamana Putra Marjanto, ST, Dadang Setyono, S.Pd. Mereka inilah yang selalu mendampingi siswa dalam pembelajaran sehari-hari.

 

Kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 juga melibatkan peran aktif seluruh pengurus OSIS SMK KAL-1, hasil lomba yang telah dilaksanakan selama dua hari adalah sebagai berikut :  Juara   Lomba Futsal antar Kompetensi/ keahlian. Keluar sebagai juara pertama futsal  dari XII TKR ( Teknik Kendaraan Ringan), Juara ke dua XI TPM, Juara ke tiga X TITL. Hasil lomba story telling, keluar sebagai juara1, dan 2 masing-masing  Ni Putu Aliyah Salsabela kelas XI TAV dan  Ni Putu  Anggun kelas XII TAV, Lomba mincing hanya juara 1 saja atas nama   M. Hendri kelas XI TITL. Lomba karaoke , juara 1 Yusuf Eko kelas  XII TPM – B serta lomba sepeda motor modif keluar sebagai juara 1 M.  Iqbal Maulana kelas X TKR – C.

 

Ajang bergengsi lainnya adalah  lomba kebersihan antar kelas, dari kelas X, XI dan XII ( 21 Kelas) bersaing / lomba secara sehat kebersihan lingkungan kelas dengan hasil juara pertama kelas XI TPM- A.

 

Dalam keempatan kali ini juga di perkenalkan  Jaranan sebagaai  ekstrakurikuler baru di SMK KAL-1 oleh kepala Sekolah sekaligus memperkenalkan   Slamet, S.Pd sebagai pembinanya (YHT/dar).

YAYASAN HANG TUAH GEBYAR PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan , M.Pd saat menyerahkan hewan qurban kepada panitia 'Idul Adha 1440 H.an Selecta

Surabaya,(12/8)

            Di hari kedua ‘Idul Adha 1440 H bertepatan Senin, (12/8) Satuan Pendidikan di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya secara bersamaan melaksanakan pemotongan hewan qurban yang berlangsung di sekolah masing-masing. Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M menyebutkan bahwa  sekolah yang menjadi binaannya secara keseluruhan melaksanakan pemotongan  hewan qurban, terdiri dari 31 ekor sapi  dan 41 ekor kambing.

 

 Satdik-satdik/ sekolah-sekolah  yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban terdiri dari   SD, SMP, SMA dan SMK antara lain :  TK Hang Tuah 7, SD Hang Tuah 1, SD Hang Tuah 3, SD Hang Tuah 7, SD Hang Tuah 9, SD Hang  11, SD Hang Tuah 12 , SMP Hang Tuah1, SMP Hang Tuah 2, SMP Hang Tuah 4, SMP Hang Tuah 5, SMP Hang Tuah 6 Excellent, SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1 , SMK KAL-2 dan Staf Yayasan Hang Tuah . Penyelenggaraan penyembelihan yang di laksanakan secara serentak di satuan pendidikan YHT Cabang Surabaya ini baru dilaksanakan di hari kedua hari raya ‘Idul Qurban karena pada hari pertama jatuh pada hari Minggu dimana  seluruh sekolah dalam keadaan libur.

 

Dari hasil pantauan yang berhasil dikumpulkan , daging hewan qurban  di tiap-tiap satdik / sekolah di bagikan kepada sebagian siswa, guru, karyawan, masyarakat lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan / anak yatim piatu yang telah di tunjuk serta  dilaksanakan makan bersama antara siswa, guru dan karyawan di sekolah masing-masing.

 

SMK KAL-1 yang secara langsung termonitor , melaksanakan penyembelihan hewan Qurban  di halaman sekolah disaksikan Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd serta para Wakil Kepala Sekolah, guru , sejumlah siswa  serta pengurus Osis, di sekolah lainnya  mulai dari  SD, SMP, SMA dan SMK KAL-2 juga terjadi hal serupa.

 

Penyembelehan  hewan qurban  memberikan  pembelajaran  berqurban  kepada para siswa sebagaimana   telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial, apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

Sebagai pembelajaran kepada siswa menurut orang nomor satu di SMK KAL-1 ini bahwa  “siswanya dengan sengaja diberi motifasi  memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, melatih siswa  menjadi seorang  dermawan, menjadikan rizki  barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan  menjadi bekal di hari akhir dan  utamanya untuk memupuk sikap kebersamaan , kerja sama dengan semangat persaudaraan.Tuturnya.

 

            Ketua Panitia  Drs Parman, M.Si yang kesehariannya sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mengutarakan dari hasil penyembelihan sapi dan kambing  tersebut  terkumpul 280 bungkus  daging  di bagikan utamanya  kepada perwakilan siswa  dari 21 kelas  dimana di tiap tiap kelas 7 siswa,  masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar sekolah, beberapa guru dan karyawan.

 

 Penyerahan daging qurban secara simbolis di sampaikan oleh Kepala Sekolah dan ketua panitia  Drs. Parman , M.Si kepada beberapa perwakilan siswa yang hadir  terdiri dari perwakilan siswa  Kelas X,XI dan XII (YHT/dar).

   

Galery  

Please update your Flash Player to view content.
   

Agenda Kegiatan  

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas