Posts from category "Berita"

SMK KAL-1 SEMARAKKAN HARDIKAL KE-73 TAHUN 2019

Surabayal, (13/5).

            Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) turut menyemarakkan Upacara Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut yang ke-73 tahun 2019 dalam sebuah upacara kemiliteran  Senin,(13/5) dengan Inspektur Upacara Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan  dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Surabaya.

              Pada peringatan Hardikal ke 73 mengambil tema  ”Kodiklatal Siap Menjadi Center Of Exellence On Naval And Maritime Studies dalam Pengembangan Kajian, Doktrin lpengtek dan Latihan untuk mendukung Tugas TNI AL”.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam amanatnya menyampaikan bahwa upacara peringatan Hardikal yang dilaksanakan ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME, Allah Subhanahu Wata’ala  atas  berbagai  kemajuan  yang telah dicapai Kodiklatal selama 73 tahun masa pengabdiannya serta sebagai momen yang tepat untuk introspeksi, sejauhmana Kodiklatal mampu berperan meningkatkan kualitas sumber daya manusia prajurit TNI AL dalam rangka mewujudkan visi TNI AL yang profesional, modern, berkemampuan proyeksi  regional  dan  berkomitmen  global guna menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Siswq SMK KAL-1 yang terlibat dalam upacara kali ini adalah para siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Paskibra ( Paskal-1) yang memang sudah di tempa  PBB dalam kesehariannya, khususnya disetiap latihan paskibra yang di bina oleh Sersan Agus  anggota TNI AL dari Kodiklatal dibantu oleh Eriko.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan ,M.Pd selalu memberikan semangat agar seluruh personil Paskibra yang terlibat dalam upacara Hardikal tetap semangat meskipun dalam susana puasa Ramadhan, Kepsek yakin bahwa siswanya kuat dan  akan mampu menjaga nama baik almamater, karena dalam setiap peringatan Hardikal siswa SMK KAL-1 selalu mendapat kepercayaan untuk  turut serta dalam upacara yang di gelar oleh Kodiklatal.

Dalam puncak peringatan Hardikal ke-73 tahun 2019 Komandan Kodiklatal menyematkan tanda penghargaan  satyalancana dwidya sistha kepada Mayor Laut (E) Kandik, Kapten Laut  (E) Hartanto  serta  Serma TTU Amiryuwono.L

Puncak peringatan Hardikal ke 73Tahun 2019 yang dihadiri oleh  pejabat Utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP, Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Dirum Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si, Dirjianbang Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos, Dirdok Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Dankodikopsla Laksma Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) dan para Komandan Kodik, Komandan Pusdik dan Komandan Sekolah dijajaran Kodiklatal(YHT/dar).

350 SISWA SMK KAL-1 PERINGATI HARDIKNAS

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum  Munawar, S.Pd saat memeriksa pasukan upacara yang berlangsung di halaman SMK KAL-1 Surabaya

Surabaya,(02/5)                               

            Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) Surabaya , Kamis (02/5) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa, guru dan staf dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Munawar, S.Pd.

               Upacara peringatan Hardiknas dilaksanakan oleh  sekitar 350 siswa terdiri dari  kelas X dari semua jurusan ( TKR,TPM,TITL dan TAV) serta 2 kelas dari  kelas XI, ada 5 kelas  yang tidak bisa mengikuti upacara peringatan Hardiknas karena sedang melaksanakan PSG ( pendidikan sistim ganda) di perusahaan-perusahan luar yang  wajib di ikutioleh siswa yang duduk di kelas XI.

            Bertindak selaku komandan upacara siswi  Hanum kelas X TAV ( Teknik Audio Video), pengibar bendera masing-masing Nina, Dinda dan Nabila dari jurusan TAV dan selaku pembaca Pembukaan UUD 1945 siswa Gagas dari jurusan TPM A ( Teknik Pemesinan).

            Dalam kesempatan tersebut Irup Munawar, S.Pd membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  Muhadjir Effendy, Mendiknas  mengutib dari  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan : “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Adalah hal yang lumrah, dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momentum seperti ini tanggung jawab nasional kita dipertaruhkan. Tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan.

            Dalam kesempatan tersebut Irup Munawar, S.Pd membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  Muhadjir Effendy, Mendiknas  mengutib dari  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan : “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Adalah hal yang lumrah, dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momentum seperti ini tanggung jawab nasional kita dipertaruhkan. Tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan.

                           

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah (YHT/dar).

260 SISWA SMK KAL-1 LAKSANAKAN KARYA WISATA BAHARI

Siswa SMK KAL-1 Surabaya  saat mendapatkan penjelasan dari Perwira KRI Bintuni-520 di anjungan kapal yangsedang sandar di dermaga Semampir Baru Barat Ujung Surabaya.

 Surabaya, (10/4)

            260 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya dari Jurusan TPM ( Teknik Pemesinan ) , Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Jurusan Teknik Audio Video (TAV) kelas X    Rabu,(10/4) melaksanakan Pembelajaran  Media Luar Kelas dan Wawasan Nusantara  yang di padukan dengan Kegiatan Tengah Semester (KTS) ke KOARMADA  II Ujung Surabaya dengan di damping 23 guru pendamping yang di bagi dalam dua gelombang.

 

Pada gelombang pertama Rabu,(10/4) melibatkan  110 siswa jurusan  TPM dan TITL di damping oleh 10 guru yang kesehariaannya terlibat langsung dalam pembelajaran di kelas  m asing-masing yang  di pimpin langsung boleh guru kebaharian  Alifah Febri Khairina, S.Pd, dan pada gelombang ke dua akan dilaksanakan Kamis,(11/4) melibatkan  150 siswa jururan TKR dan siswa jurusan  TAV dengan 13 guru pendamping..

 

Menurut Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan, M.Pd, Pembelajaran Media Luar Kelas dan Wawasan Nusantara yang dipadukan dengan Kegiatan Tengah Semester (KTS) tahun pelajaran 2019/2020 bagi jurusan TPM,TITL, TKR, dan TAV  merupakan program tahunan yang selalu di laksanakan oleh semua jurusan yang ada di sekolah ini.  Namun  waktu pelaksanaan tidak bersamaan karena masing-masing jurusan memiliki agenda sendiri-sendiri.

 

.           Menyasar ke KOARMADA II  adalah hal yang tepat , karena  sekolah ini merupakan sekolah kejuruan yang begronnya adalah pendidikan Teknik, dan sekolah ini  juga di bawah naungan Yayasan Hang Tuah yang memiliki misi kebaharian, Koaramada II memiliki dua  hal pokok tersebut..

 

Selama di Koarmada II  siswa secara langsung melihat dari dekat keberadaan KRI BINTUNI – 520 unsur dari jajaran Satlinlamil Surabaya yang berada di dermaga Semampir Baru Barat Ujung Surabaya . Seterimanya di KRI BTN-520 siswa di terima di geladak  Utama dan langsung mendapat penjelasan secara umum / profil KRI  oleh Komandan Letkol Laut (P) Suroto, Mtr Hanla yang di sampaikan oleh Palaksanya Mayor Laut (P) Barkah, kemudian siswa diajak keleling kapal melihat dari dekat peralatan tempur  serta teknologi yang ada baik yang menyangkut dengan kelistrikan maupun pemesinan kapal.

 

Tim  Guide KRI BTN  Lettu Laut (P) Irendial dan Letda Lau (T)  Sultan Syah menjelaskan kepada siswa di setiap bagian yang mereka kunjungi, beberapa pertanyaanpun keluar dari siswa, saat mereka di haluan kapal maupun di ruang  PKM ( Pusat Pengendalian Mesin) maupun di anjungan KRI, mereka tidak segan-segan menayakan proses menjalankan peralatan yang ada saat berlayar. Tentu saja banyak pertanyaan dari mereka, karena setelah selesai kunjunganpun siswa wajib membuat Karya Tulis  yang  harus di laksanakan.

 

Melalui KTS  ke KOARMADA II Siswa diharapkan  dapat menambah wawasan kemaritiman khususnya mengenal keberadaan TNI AL yang selalu mengawal Lautan Nusantara dalam rangka menegakkan NKRI yang sarat dengan teknologi . Sehingga kelak setelah lulus dari SMK KAL-1 siswa dapat mengabdikan diri melalui TNI AL yang sarat dengan Iptek dan Sains.

 

Selain ke KRI siswa juga melaksanakan kunjungan ke Patung Monjaya, Museum Fleet House, siswa di pandu oleh guide dari Dispotmar Koarmada II Serma Nav Anang Yulianto yang sudah pengalaman sebagai sebagai guide dalam setiap kunjungan siswa ke Koarmada II.

 

Karya Wisata Bahari SMK KAL-1 diakhiri dengan kunjungan ke Museum Bahari Loka Jala Crana dan Planetarium AAL Surabaya. Saat berada di museum langsung di terima langsung oleh tim Guide Peltu Bah Cu’adi dan Pelda Eso Imam Suyono. Mereka berdua menjelaskan seluruh apa yang ada di museum mulai dari keberadaannya 19 September 1969 yang selalu meng update  akan benda-benda bersejarah yang di miliki oleh TNI Angkatan Laut, sehingga kedepan dengan adanya Museum ini dapat menjadikan pemahaman kepada generasi muda akan adanya sejarah TNI Angkatan Laut, merasa memiliki sekaligus dapat mengawal Lautan Nusantara dan menjadi pewaris bangsa Bahari (YHT/dar).

  

 

UKK SEBAGAI PINTU KELULUSAN SISWA SMK KAL-1

Suasana siswa  SMK KAL-1 saat melaksanakan UKK di bengkel dengan penawasan dari tim penguji  dari instansi luar yang telah di tunjuk.

 Surabaya,(01/4)

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya, Senin (01/4) mulai melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII semua jurusan setelah mereka menempuh USBN dan UNBK beberapa hari yang lalu. Uji Kompetensi Keahlian (UKK)  merupakan bagian dari USBN mata pelajaran  kejuruan atau paket keahlian. Sesuai peraturan Badan Standar Nasional  Pendidikan nomor 0048/BSNP/XI/2018 tentang Prosedur Operasional  Standar  penyelenggaraan  Ujian Sekolah  Berstandar Nasional tahun pelajaran 2018/2019 , UKK menguji aspek pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam satu event penilaian.

 

Menurut Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan, M.Pd,  mulai 01 April  pelaksanaan UKK  dimulai sesuai dengan kejuruan yang ada, antara lain  Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemesinan(TPM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Audio Video (TAV) dimana pelaksanaanya dilaksanakan di bengkel masing-masing dengan materi praktek dan interview.

 

Pelaksanaan UKK bagi SMK KAL-1 melibatkan penguji dari instansi/ perusahaan dari luar,  untuk kejuruan Teknik Kendaraan Ringan  melibatkan tim penguji dari PT Asco, Prima Mobilindo,  kejuruan Teknik Pemesinan  tim penguji dari  PT Barata, sedangkan kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik melibatkan tim penguji dari  CV. Mandiri Teknik, PT Pelni Surya dan kejuruan Teknik Audio Video  melibatkan tim penguji dari TVRI Stasiun Surabaya.

 

Tujuan dilaksanakan UKK adalah  untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang di tempuh, memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertikat kompetensi, memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/ industry dalam rangka  pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebituhan dunia usaha dan dunia industry (DUDI).

 

Sedangkan sasaran yang ingin di capai dalam pelaksanaan UKK adalah terlaksananya  proses penilaian  bagi seluruh siswa SMK melalui serangkaian kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan secara efektif, efisien dan terukur, serta di terbitkannya sertifikat  kompetensi  bagi seluruh siswa/ peserta yang di nyatakan kompeten  sesuai dengan kompetensi keahlian yang di tempuh.

 

Materi UKK kejuruan  Teknik Kendaraan Ringan meliputi tune up motor injeksi, tune up diesel konvensional, perbaikan transmisi, perbaikan system rem, overhaul engine serta perbaikan system kelistrikan  bodi. Materi UKK kejuruan Teknik Pemesianan meliputi 2 paket, paket rumah tap dan paket hendel dimana setiap peserta wajib menyelesaikan ke dua paket tersebut . Materi Teknik Instalasi Tenaga Listrik meliputi  pembuatan instalasi panel control motor listrik 3 phase dengan   bintang segi tiga otomatis  dan instalasi penerangan serta pembuatan Instalasi control berbasis PLC. Sedangkan untuk materi UKK Teknik Audio Video membuat produk Amplifier dengan IC dengan melalui 3 tahap antara lain membuat simulasi di komputer, assembly dan uji coba produk .

 

Siswa SMK KAL 1 setelah melaksanakan  praktek , mereka melaksanakan interview dengan tim penguji masing-masing yang telah di tunjuk sesuai dengan kompetensi keahliannya, antara lain dengan tim penguji dari PT Asco, Prima Mobilindo, PT Barata, CV Mandiri Teknik , PT Pelni Surya dan dari TVRI (YHT/dar).

SMK KAL-1 KAWAL USBN CBT & USBN TULIS 2019.

Waka Kurikulum saat melihat pelaksanaan USBN CBT di ruang kelas kejuruan Teknik Pemesinan

Surabaya,(5/3)

SMK KAL-1 Surabaya yang merupakan  anggota Sub Rayon 7 SMK N 7, hari ini Selasa,(05/3) melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) hari pertama, pelaksanaan USBN sub Rayon 7  yang terdiri dari SMK KAL-1, SMK PGRI, SMK Wijaya Putra, SMK Wakhid Hasyim 2, SMK KAL-1 dan SMK N7.

 

Proses USBN dengan CBT ( Computer Based Test) SMK KAL-1 dilaksanaksanakan 3 sesi dengan jumlah siswa 235 terdiri dari 4 jurusan, Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Kompetensi Pemesinan ( TPM ), Kompetensi Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ) dan Kompetensi Audio Vidie (TAV) dan tes tulis akan  dilakasanakan diruangan tersendiri.

 

Seluruh guru yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung ikut memonitor seluruh peserta USBN,  mulai kehadiran peserta ujian  saat apel pagi berlangsung hingga peserta selesai mengikuti ujian.

 

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd saat melihat dari dekat pelaksanaan USBN CBT, mengharapkan kepada guru pengawas agar pelaksanaan USBN bisa berlangsung sesuai SOP USBN, kehadiran Kepsek di tengah-tengah siswanya tentunya ikut  memberi motifasi kepada siswanya , dengan harapan siswa dapat menyelesaikan seluruh soal dengan baik serta  mendapatkan nilai akhir yang terbaik.

 

Waka Kurikulum SMK KAL-1 Munawar, S.Pd ikut terjun langsung mengawasi jalannya pelaksanaan USBN baik USBN CBT maupun Tulis. USBN CBT sesi pertama berlangsung pada jam 07.00 hingga 10.00, Sesi kedua pada jam 10.15 hingga 13.15 da sesi ke tiga pada jam 13.30 hingga16.30. Sementara itu USBN Tulis berlangsung  untuk sesi pertama jam 08.30-09.30 pesertanya adalah  siswa  USBN CBT sesi kedua, pada jam 10.30-11.30  USBN Tulis dengan peserta siswa  USBN CBT sesi pertama dan pada jam 12.00-13 USBN Tulis pesertanya adalah siswa USBN CBT sesi ke tiga.

Terkait dengan USBN tersebut mata pelajaran yang  di ujikan antara lain : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKN, Bahasa Indonesia,  Pendidikan Jasmani,olah raga dan Kesehatan, Matematika, Sejarah Indonesia,  Bahasa Inggris,  Simulasi Digital,  Seni Budaya, Fisika, Prakarya dan Kewirausahaan, Kimia, Dasar Program Keahlian, Dasar Bidang Keahlian serta Mulok Bahasa Daerah.

Proses pelaksanaan USBN CBT di laksanakan di 4 Ruang kelas yang saling berdekatan dengan computer yang sudah di siapkan dari sekolah,  kesemuanya memudahkan siswa dalam mengakses soal-soal secaara online dengan demikian selama berlangsung USBN CBT tidak ada kendala yang berarti bagi peserta ujian.

Tempat pelaksanaan USBN CBT dan USBN Tulis  jarak yang berdekatan sehingga memudahkan peserta melaksanakan ujian tersebut, USBN akan berakhir pada tanggal 18 Maret 2019. Selama berlangsung proses belajar mengajar untuk kelas X dan XI tetap berjalan seperti biasanya, sengaja sekolah tidak meliburkan sesuai ketentuan dari  Sub Rayon 7 SMKN 7/ Diknas Kota Surabaya(*YHT/dar).

 

SISWA SMK KAL-1 LAKSANAKAN PEMERIKASAAN KESEHATAN BERKALA

Kepala Sekolah SMK KAL-1 saat mennjau pelaksanaan pelayanan pemeriksaan siswa-siswi SMK KAL 1 Surabaya di Ruang Rapat sekolah.

Surabaya,(27/2)

            Masalah kesehatan adalah masalah kita semua, selagi  di  sekolah kesehatan peserta didik merupakan tanggung jawab  sekolah. Untuk itu Rabu (27/2) bertempat di Ruang Rapat SMK KAL-1 Surabaya  berlangsung  pemberian materi kesehatan kepada kurang lebih 239 peserta didik dari kelas XI   Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), dan kelas XII  Jurusan Teknik  Audio Vedio ( TAV ), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ), Teknik Pemesinan  ( TPM ) serta  Teknik Kendaraan Ringan (TKR) oleh drg. Dian Infadita dari Puskesmas Morokrembangan  dengan pendamping  Fatonah Anggraeni, Amd (perawat) , Ika Fentining, Amd (bidan) seorang para Medis Rudy Susanto.

            

Sebelum pemerikasaan kesehatan , kepada siswa yang hadir diberikan penyuluhan kesehatan dengan  materi   NAPZA ( Narkotika, Psikotrmopikandan Zat Aditif lainnya) berlangsung singkat,  kemudian di lanjutkan pemerikasaan  kesehatan berkala. Pemeriksaan kesehatan peserta didik  SMK KAL-1  di tangani oleh dokter dari Puskesmas Morokrembangan merupakan tindak lanjut dari kerja sama  seperti di tahun- tahun sebelumnya. Dimana dokter dari Puskesmas tersebut  melakukan cek kesehatan dini kepada para peserta didik. Tim Medis yang datang melakukan cek satu persatu kondisinya, kemudian memberikan kesimpulan secara global kondisi kesehatan peserta didik. Dokter memberikan penjelasan potensi penyakit apa yang mungkin akan diderita oleh masing-masing peserta didik , sehingga bisa dilakukan pencegahan secara dini.

 

Penjaringan berkala untuk yang kedua kalinya di tahun pelajaran  2018/2019 dilakukan hari ini (27/2) dimana sebelumnya telah di lakukan diawal semester ganjil. Saat pelaksanaan pemerikasaan dokter kepada siswa Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd melihat dari dekat pelaksanaan tersebut sambal memberikan motifasi kepada seluruh siswa agar mengikuti pemeriksaan secara seksama karena pemeriksaan yang di lakukan kali ini tanpa di pungut biaya. Ini semua karena antara SMK KAL-1 dan Puskesmas Morokrembangan telah melangsungkan MoU (Memorandum of Understanding ) Pelayanan Kesehatan bagi seluruh siswa dan guru yang bertugas di sekolah yang berdomisili di Kodiklatal ( Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut ) Morokrembangan Surabaya.

 

Seluruh siswa yang akan di perikasa wajib mengisi kuesioner gunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.

 

Secara umum, tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius pada semua siswa. Hanya ada beberapa masalah kecil, misalnya tidak memakai kacamata padahal menderita mata minus, kurang menjaga kebersihan tangan dan mulut , terdapat panu, gigi berlubang , telinga kotor karena tidak pernah di bersihkan dll. Setidaknya dengan kegiatan ini siswa menjadi lebih perhatian terhadap kesehatan diri sendiri dan tahu punya potensi penyakit yang berbahaya atau tidak.

 

Dari  hasil penjaringan dokter dari Puskesmas Morokrembangan menemukan bahwa ada beberapa siswa yang harus mendapat perawatan  kesehatan di puskesmas karena ada indikasi penyakit ringan yang harus  segera di tangani sebelum mebahayakan diri  (*YTH/dar).

SMK KAL-1 RESMIKAN KETUA OSIS DAN ANUGERAHI PENGHARGAAN ATLIT BERPRESTASI

Kepala Sekolah SMK KAL-1  saat menyerahkan bendera Osis kepada Ketua Osis terpilih periode tahun 2019-2020 di halaman sekolah.

Surabaya,(21/2)

Bertempat di halaman Sekolah Mengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut  ( SMK KAL-1 ) Surabaya, Kamis ( 21/2)  16 atlit perorangan , 3 tim cabang olah raga beregu dan 1 tim pramuka menerima penghargaan dari Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan, M.Pd  setelah mereka berhasil mengukir prestasi terbaiknya di beberapa event kejuaraan . Pemberian penghargaan tersebut berlangsung seusai upacara pelantikan Ketua Osis baru masa bakti 2019-2020.

Upacara pelantikan Ketua Osis berlangsung singkat , dari ketua lama Eko Setiawan kelas XII TKR- A di serahkan kepada penggantinya  Elang Ardian Sadewo kelas  X TKR-B yang telah terpilih pada saat pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Pacet Mojokerto beberapa waktu lalu.

Pamen dengan  melati dua di pundaknya ini  dalam sambutannya menekankan bahwa pergantian ketua osis merupakan  hal yang biasa bagi siswa di sebuah sekolah, namun tentu saja memiliki makna yang sangat luas, karena organisasi harus berjalan sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan untuk  membantu mewujudkan visi dan misi SMK KAL 1 serta utamanya adalah dalam rangka memberi kesempatan dan peluang kepada siswa terpilih untuk  dapat lebih mengembangkan kemampuan berorganisasi .

 Melalui  pembaharuan kepemimpinan diharapkan  akan terjadi  kaderisasi dan kesinambungan kepemimpinan guna memantapkan proses organisasi siswa intra sekolah SMK KAL-1 , dan menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsive dan antisipasif dalam menghadapi dinamika dan tantangan ke depan yang menjadi tanggung jawabnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepsek SMK KAL-1 sengaja meluangkan waktunya untuk memeberikan apresiasi kepada seluruh siswanya yang telah berprestasi, mengukir prestasi terbaiknya di beberapa kejuaraan baik tingkat Yayasan Hang Tuah, tingkat  Kota Surabaya, tingkat Propinsi dan ditingkat Nasional.

Kepada seluruh siswa yang telah berhasil mengharumkan nama sekolah, di berikan piagam penghargaan serta sejumlah dana pembinaan agar kedepan mereka akan semakin  menunjukkan prestasi yang lebih baik lagi.

Para atlit berprestasi tersebut telah mengikuti lomba di  tingkat Yayasan Hang Tuah ,  keluar sebagai juara pertama  cabang Tolak Peluru atas nama Rama Puspa Satria kelas XII TKR-C, juara dua cabang tolak peluru atas nama Hendra Rahmawanta,( juga sebagai juara tiga PASI Jatim), juara dua cabang tolak peluru putri atas nama  Hana Kapitan kelas XI TAV.

Cabang olah raga lari keluar sebagai juara pertama  lari 1000 meter atas nama  Jepy Satria Aryagalu kelas XII TPM-A, juara dua lari 300 meter putra atas nama  Arief Darmawan kelas XII TPM-A ,  juara tiga putra  atas nama Rois Umam kelas  XII TPM-B dan Juara dua lari 300 meter putri atas nama   Meysi Dwi Ningtyas.

Cabang Futsal keluar sebagai juara tiga dan cabang bola voly  putri juga keluar sebagai juara tiga. Kesemuanya lomba cabang-cabang olah raga tersebut dilaksanakan di  SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Sedangkan cabang olah raga dayung yang selalu menjadi andalan SMK KAL-1 keluar sebagai juara pertama  tingkat Koni Surabaya di kelas Perahu Naga Putra usia 18 tahun.

Kegiatan ekstra kurikuler Pramuka ,  keluar sebagai juara pertama  PBB bervariasi ( putra) dan juara  dua pionering  (putri) yang berlangsung di Universitas  Dr. Soetomo Surabaya.

Untuk ketangkasan berkendara/ safety riding yang di selenggarakan Polrestabes Surabaya, berhasil keluar sebagai juara 1 penyisihan  grup atas nama  Isfar Surya Ahmad kels  XII TKR –B dan juara dua atas nama  M. Choirul Rozikin.

Sementara itu Pencak Silat merupakan gudangnya prestasi bagi atlit-atlit SMK KAL-1 baik tingkat Kota Surabaya, Propinsi maupun tingkat nasional , diantaranya adalah M Guntur Adhe P juara tiga  pencak silat  Unesa Open se Jatim, Tri Wahyuni kelas XII TAV juara  tiga  Open turnamen pencak silat ( Propinsi),

 Ditingkat , Nasional  Salsa Putri W kelas XI TAV keluar sebagai juara tiga  ( putri )  JKTC 10,  Juara pertama (putra) di raih oleh Gala Bawafi kelas XI TITL di event JKTC 10 dan juara pertama Kick Boxer Indonesia. M Dwi Agna K  kelas XI TKR-B keluar sebagai juara pertama pada kejuaraan  Pencak Silat Championship YKTC 4,  Divanto Agustian kelas XI TAV  sebagai juara dua (JSOC)  Jakarta Selatan Open Challenge . Satu-satunya siswa putri berprestasi tingkat nasional di raih oleh  Dea Rayu Putri Rahayu  yang berhasil keluar sebagai juara dua di ajang tersebut (dar).

 

 

SISWA SMK KAL-1 SURABAYA IKUTI PROGRAM SAFETY RIDING MPM HONDA MOTOR

Sisawa SMK KAL-1 saat mendapatkan pengarahan dari instruktur safety riding dari MPM Motor Homda Surabaya

Surabaya,(16/2)

Kepala Sekolah SMK KAL 1 Surabaya Letkol Laut (KH) Drs Burhan M,Pd  mengirimkan  siswa yang sudah memenuhi  syarat usia untuk memiliki SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) 17 tahun  ke  Diklat Safety Riding Center MPM Honda Sabtu(16/2), Hal ini sebagai upaya dalam mengurangi bahaya kecelakaan berlalulintas  saat  siswa berkendara  menuju lokasi  sekolahnya.

Dalam pelaksanaannya Devisi Safety Riding MPM Honda Motor Surabaya bekerja sama dengan pihak Kepolisian Bagian Regident SIM melaksanakan diklat  kepada 46 Siswa SMK KAL-1 Surabaya  Safety Riding di Center MPM Honda Sedati Sidoarjo , ke 46 siswa tersebut secara resmi akan  mengajukan untuk memiliki SIM secara kolektif. Untuk itulah pihak kepolisian / Baurmin  Regident  SIM Colombo  membantu upaya dari SMK KAL-1 tersebut.

Yudhistira Ardi Febriantono sebagai instruktur safety riding MPM Honda menyampaikan  materi skill riding meliputi teknik braking, bermanuver & balancing serta teori mengenai danger prediction . Jadi pelatihan kali ini ditujukan untuk membekali siswa pengetahuan terkait skill dan pengetahuan yang aman dalam berkendara. Karena menurut data korban kecelakaan kebanyakan berasal dari usia produktif., harapannya dengan pelatihan ini para siswa bisa lebih bijak dalam berkendara dan selalu cari_aman saat naik motor karena keselamatan diatas segala galanya

            Sementara itu Bripka  Okta Prastiadi, S.Kom yang kesehariannya  bertugas sebagai Baurmin Regident SIM di Colombo Surabaya memberikan materi di class   penjelasan mengenai teknik berkendara yang benar, salah satunya adalah teknik pengereman dimana 60% rem tangan dan 40% rem kaki dsb.

Okta Prastiadi juga memberikan praktek secara langsung di lapangan  berbagai materi  yang telah di sampaikan di class, harapannya, tentunya peserta yang sudah mengikuti safety riding di MPM Honda lebih berkualitas dalam hal ketrampilan dan pengetahuan mengemudi dijalan  raya dengan baik dan benar, sehingga bisa menekan angka kecelakaan yang terjadi dikota Surabaya. Dimana angka kecelakaan di Surabaya didominasi oleh usia 17-30 tahun (data lakalantas Polrestabes Sby th 2018).

Seluruh peserta selama berlangsung diklat mengikuti dengan seksama dan banyak  komunikasi interaktif terjalin antara pemampar dengan siswa,  guru pendamping I Ketut Pastika, S.Pd., MM juga selalu memberikan motivasi kepada siswanya agar selalu bertanya keoada instruktur apa-apa  yang di sampaikan bila belum jelas, dengan demikian timbulah harapan besar bahwa dengan diklat yang telah berlangsung akan membawa hasil yang maksimal, khususnya dalam menjaga ketertiban berlalulintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya (dar).

SMK KAL-1 SURABAYA BUKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 SMK KAL-1 SURABAYA, telah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020, pendaftaran di mulai 01 Februari 2019 pada jam 08.00 hingga 15.00 . Setiap hari Senin-Sabtu.Jurusan yang tersedia :1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN/ OTOMOTIF ( TKR )( TERAKREDITASI "A" ).2. TEKNIK PEMESINAN ( TPM ).( TERAKREDITASI " A" )3. TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL)( TERAKREDITASI "A" ).4. TEKNIK AUDIO VIDEO ( TAV ).( TERAKREDITASI " A" ) Alamat sekolah Kodiklatal Morokrembangan Surabaya.Telp. (031). 3281137, 3285933. Fax . (031) 3281137.Website : www.smkkal-1.com.Ayo....., segeralah daftarkan diri anda sebelum kuota habis, "LEBIH CEPAT LEBIH BAIK BERGABUNG DENGAN SMK KAL-1 SURABAYA"

STAND PAMERAN SMK KAL-1 SURABAYA DAPAT PERHATIAN KHUSUS MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs. Burhan M.Pd bersama Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Amri Husaini saat mendampingi siswa SMK KAL-1 dalam menerima kunjungan Ketua Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto di stand pameran SMK KAL-1 Surabaya.

Jakarta (29/1).

            Dalam rangka menghadiri rapat Koordinasi Rapat Koordinasi (Rakor) Dharma Pertiwi Tahun 2019 di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan,  Menteri Kelautan Dr.(HC) Susi Pujiastuti menyempatkan diri melihat dari dekat  beberapa  stand  pameran yang di gelar oleh Yayasan Hang Tuah, Selasa (29/1).

            Yayasan Hang Tuah  dalam pameran kali ini menampilkan Printer 3 D dari SMK KAL-1 Surabaya, SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo menampilkan produk keju mozarela  berkalsium tinggi dari tulang ikan Makarel , SMP Hang Tuah 1 Surabaya menampilkan bandeng  Crispi serta Robotik dari SD Hang Tuah -1 Plus  Jakarta.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Amri Husaini,   di tengah-tengah siswa dari satuan pendidikan yang ia kelola, selalu memberi motifasi kepada peserta didiknya  bersama Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Dra. Manik Siwi Sukma Adji saat penerima kunjungan dari Ketua Umum Dharma Pertiwi  Ny. Nanny Hadi Tjahjanto maupun Menteri Kelautan. Susi Puji Astuti.

            Tidak ketinggalan pengurus inti PPYHT juga turut hadir di  pameran tersebut antara lain  Pembina Bidang Umum Drs Rosehan Chaidir, M.A.P, Anggota Pengawas YHT Tatang  Hidayat, S.Pi., M.M serta Kabidik YHT Aris Wibowo, ST.

            Robongan menteri kelautan meninjau stand pameran  sebelum mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Dharma Pertiwi Tahun 2019. Sementara itu para istri TNI, Persit (AD), Jalasenastri (AL) dan Ardhya Garini (AU) juga  tidak ketinggalan turut  mengadakan  pameran hasil  kerajinan   yang ia miliki.

Rakor Dharma Pertiwi tahun 2019 dengan tema "Dharma Pertiwi Berperan Aktif Mewujudkan Peningkatan Mutu Pendidikan, Kesejahteraan Keluarga Prajurit TNI dan Masyarakat serta Memberikan Semangat Motivasi Kepada Suami Dalam Melaksanakan Tugas dan Kewajibannya" akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 29 s.d 31 Januari 2019.

Dalam kegiatan Rakor Dharma Pertiwi tahun 2019 terdapat berbagai pembekalan dan ceramah, yaitu oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti mengenai Menjaga Kelestarian Laut Kita, Ceramah UMKM tentang  Program Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan IKM dan Industri Aneka oleh Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI Ibu Ir. E. Ratna Utarianingrum, M.Si, dan Ceramah Etika Berbusana oleh Bapak Musa.

            Tim pameran dari Yayasan Hang Tuah Surabaya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya Drs. Burhan, M.Pd, smentara itu  Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Siti Aisjah, M.Pd, Kepala Sekolah SMP Hang Tuah -1 Surabaya Kartika Sari, S.Pd., M.Pd serta Kepala Sekolah SD Hang Tuah -1 Plus Jakarta Adi Yanti ,MM selalu mendampingi siswanya dalam pameran tersebut(dar).

   

Galery  

Please update your Flash Player to view content.
   

Agenda Kegiatan  

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas 15 Mei 2019


Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.


Persiapkan diri kalian untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas